Adopsi dan Hubungannya dengan Gereja

30 03 2006

Narasumber: Frater Yohanes Kopong, MSF Host: Yenni Eka Sari dan Tengkar Seputro

Adopsi1.JPGSebuah keluarga terkadang tak lengkap tanpa kehadiran seorang anak. Berbagai cara mungkin telah dilakukan oleh beberapa pasangan untuk mendapatkan keturunan. Namun sebenarnya apa arti sebuah keluarga, apakah benar keluarga tidak lengkap tanpa kehadiran anak?

Yenni : Apakah pasangan suami istri yang tidak memiliki keturunan/anak dapat dikatakan sebuah keluarga? Dan apa sebenarnya arti keluarga?
Frater : Perlu diketahui bahwa kata keluarga bisa memberikan arti yang berbeda dari dan kepada setiap orang. Namun tentu selalu ada kemungkinan untuk mencari definisi yang lebih luas yang bisa mencakup segala bentuk atau tipe keluarga yang ada. Untuk mengetahui pengertian sebenarnya mengenai arti keluarga, baiklah kita bertitik tolak dari dua definisi yang bisa mewakili pemahaman kita.  Menurut  Burgess dan Locke keluarga diartikan sebagai kelompok manusia (sosial) yang memiliki ciri: 1). Dipersatukan oleh perkawinan, hubungan darah atau adopsi; 2) membentuk suatu rumah tangga; 3) berhubungan satu sama lain seturut peranan mereka masing-masing entah sebagai suami/isteri, anak, bapa/mama. Singkatnya bagi mereka keluarga terbentuk karena hubungan perkawinan, hubungan darah atau adopsi. Sedangkan menurut Lamanna dan Riedman, keluarga bisa saja terdiri atas ayah dan anak, ibu dan anak atau suami/isteri tanpa anak. Bahkan bagi mereka pasangan kumpul-kebopun sudah boleh dianggap keluarga. Dari pengertian ini, maka menurut hemat saya pasangan suami/istri yang tidak memiliki keturunan tetap dapat disebut sebagai sebuah keluarga, karena dipersatukan oleh ikatan perkawinan. Justru karena perkawinan rumah tangga/keluarga itu dapat terbentuk, maka keluarga bisa saja terdiri dari suami-istri tanpa anak.

Yenni : Apakah masalah anak menjadi salah satu tujuan pokok dalam perkawinan, sehingga tidak adanya anak bisa menjadi pemicu keretakan rumah tangga/keluarga ?
Frater :
Menurut ajaran Gereja Katolik yang secara jelas tertuang dalam Kitab Hukum Kanonik, Kan. 1055 yang berbicara mengenai tujuan perkawinan, dikatakan bahwa, tujuan perkawinan: pertama, kebersamaan seumur hidup sebagai suami-isteri yang mengarah pada kesejahteraan bersama; kedua, prokreasi (pengadaan keturunan) dan ketiga, pendidikan anak. Dari bunyi kanon ini, jelas bahwa anak menjadi salah satu tujuan dari perkawinan. Tetapi kita juga (sebagai umat beriman) harus sadar, bahwa kita hanya bisa berharap, terbuka kalau-kalau diberi anak. Keterbukaan dan harapan ini dinyatakan lewat hubungan suami-isteri. Pasangan suami/isteri tidak punyak hak/kuasa untuk memaksakan adanya anak. Karena ada tidaknya anak adalah anugerah Tuhan. Tuhanlah yang punya kuasa. Sedang kita hanya berharap dan tetap terbuka kalau-kalau diberi anugerah anak. Maka kalau masalah tidak adanya anak menjadi pemicu keretakan rumah tangga, bagi saya pribadi; sikap seperti itu adalah memaksakan bahkan menuntut kehendak Tuhan dan juga tidak mengakui kuasa Tuhan.

Yenni : Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan keturunan seperti bayi tabung, kloning dan adopsi. Apakah semuanya diperbolehkan oleh Gereja? Bagaimana Gereja menerimanya?
Frater : Bagi Gereja sendiri, hanya mengusulkan untuk melakukan adopsi tapi melalui proses hukum yang legal. Gereja menolak pengadaan anak melalui kloning dan bayi tabung, karena secara jelas melawan kuasa Tuhan sang Pemberi Hidup. Gereja juga menolak berbagai cara untuk mencegah kemandulan/kehamilan dengan cara yang disengaja.

Iput : Bisa dijelaskan apa pengertian Adopsi dan Anak Adopsi?
Frater : Hanya untuk diketahui saja bahwa istilah Adopsi tidak hanya digunakan dalam lingkup anak adopsi. Tetapi dalam hal pewartaan iman yang kontekstual sebelum adanya istilah yang kita kenal dengan inkulturasi, istilah Adopsi menjadi salah satu wacana pewartaan iman. Adopsi sendiri secara sederhana diartikan sebagai mengambil sesuatu dari luar yang bukan kekahasan setempat untuk digunakan di daerah tersebut. Dari pengertian ini maka anak adopsi berarti Pengangkatan/pengambilan Anak orang lain/dari luar (bukan anak kandung) ke dalam keluarga sendiri, sehingga di antara orang yang memungut anak dan yang dipungut timbul suatu hukum yang sama, seperti yang ada antara orang tua dengan anak kandungnya sendiri. Sedangkan Anak Adopsi atau Anak Angkat yaitu anak yang dalam pemeliharaan hidupnya sehari-hari, biaya pendidikan dan sebagainya beralih tanggung jawabnya dari orang tua asal kepada orang tua angkatnya berdasarkan putusan pengadilan.

Iput : Adopsi secara singkat adalah pengangkatan anak yang dilakukan secara hukum. Bagaimana Gereja menerima Anak Adopsi? Apakah ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh calon orang tua asuhnya? 
Frater : Gereja tidak melarang siapapun untuk melakukan adopsi. Namun bagi Gereja jika para suami-isteri (keluarga) yang ingin melakukan adopsi hendaklah dilakukan dengan legal, yaitu sesuai dengan proses hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara tertentu. Kalau dalam konteks Indonesia, maka Gereja hanya mengikuti peraturan dan hukum perundang-undangan yang berlaku di negara Indonesia termasuk syarat-syarat untuk adopsi.

Iput : Bila memang tidak ada persyaratan khusus, apakah anak adopsi mempunyai hak yang sama sebagai anggota Gereja seperti anak kandung yang lain?
Frater : Bagi Gereja, Anak adopsi legal memiliki status yuridis yang analog (sama) dengan status yuridis anak kandung. Dengan demikian anak adopsi memiliki hak yang sama dalam Gereja, termasuk penerimaan sakramen-sakramen seperti anak kandung dengan jaminan bahwa orang tua asuh bertanggung jawab atas perkembangan iman dan moral si anak sesuai dengan ajaran Gereja. Kesamaan hak ini dapat dilihat secara jelas dalam Kitab Hukum Kanonik (mengenai halangan nikah) Kan. 1094 yang dengan tegas mengatakan bahwa; “tidak dapat menikah satu sama lain dengan sah mereka yang mempunyai hukum pertalian yang timbul dari adopsi dalam garis lurus atau garis menyamping tingkat kedua”. 

Yenni : Frater, tadi kita sudah berbincang mengenai hubungan adopsi dengan Gereja. Bisa dijelaskan bagaimana prosedur adopsi itu sendiri?
Frater :   Proses Adopsi menurut SEMA (Surat Edaran Mahkamah Agung) RI No.6/1983 adalah ‘untuk mengadopsi anak terlebih dahulu mengajukan permohonan pengesahan/pengangkatan kepada Pengadilan Negeri tempat anak yang akan diangkat itu berada. Bentuk permohonan itu bias secara lisan atau tertulis dan diajukan ke panitera PN tsb. Permohonan diajukan dan ditandatangani oleh pemohon sendiri atau kuasanya, dengan dibubuhi materai secukupnya dan dialamatkan kepada Ketua PN yang daerah hukumnya meliputi tempat tinggal/domisili anak yang akan diangkat.Persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah :

  1. Suami-Istri yang sudah menikah min 5 tahun
  2. Berumur maks 45 tahun
  3. Baik dalam hal agama, kesehatan, pendidikan, ekonomi, kehidupan sosialnya. 

Yenni : Apakah ada Panti Asuhan Katolik yang menangani masalah adopsi?
Frater :   Tidak ada Panti Asuhan Katolik yang khusus menangani pengadopsian anak. Tapi ada yang bersedia membantu untuk mendapatkan anak adopsi dari yayasan khusus. Seperti PA St. Maria Ganjuran Yogyakarta yang mendirikan karya sosial Permata Hati untuk membantu ibu-ibu yang hamil di luar nikah untuk mencegah pengguguran bayi. Biasanya si ibu diberikan waktu 1 tahun untuk mengambil kembali anaknya atau menyerahkannya pada yayasan sosial. Tapi umumnya para ibu tersebut setelah melahirkan sayang pada bayinya dan ingin mengasuhnya sendiri. PA St. Maria Ganjuran hanya bisa membantu untuk mendapatkan anak adopsi dari Yayasan Sayap Ibu.

Yenni : Ternyata ada Yayasan khusus yang menangani pengangkatan anak adopsi secara hukum. Bisa diceritakan apa nama yayasannya dan bagaimana latar belakangnya? 
Frater : 
Ya seperti yang saya sebutkan tadi ada Yayasan Sayap Ibu di DIY. YIS didirikan pada tahun 1955 dan sekarang diketuai oleh Ibu Hj. Ciptaningsih Utaryo. Beralamat di Jl. Rajawali 3, Pringwulung, Condongcatur, Depok, Sleman Yogyakarta. Ada 2 Panti yaitu Panti I untuk anak balita normal yang dapat diadopsi dan Panti II untuk anak dengan Cacat Ganda yaitu cacat fisik dan mental. Untuk mengadopsi anak di YSI ada 3 persyaratan tambahan selain persyaratan yang tadi sudah saya sebutkan yaitu :

  1. Bersedia menerima anak tanpa diberitahu asal usulnya
  2. Mendapat persetujuan dari semua orang tua kandung dan saudara kandung kedua belah pihak (suami-istri)
  3. Mendapat ijin mengasuh/mengangkat anak dari Instansi Sosial 

Iput: Bagaimana kita menjelaskan jati diri anak tersebut bahwa dia adalah anak adopsi? Perlu atau tidak?
Frater : Sebaiknya anak diberitahu sejak dini; dalam arti sudah bisa menggunakan akal budinya dengan baik dan dijelaskan bahwa orang tua yang membesarkan dan yang sangat mencintai dia adalah orang tua angkat. Pemberitahuan dini harus dilihat dari beberapa aspek, menyangkut kesiapan mental orang tua asuh, mental si anak dan juga lingkungan sekitarnya.  Pemberitahuan ini juga menyangkut hak-haknya yang sama seperti anak kandung.

Iput : Kalau kita menganggap tidak perlu memberitahukan jati diri anak tersebut. Bagaimana jika anak ini mendengar dari orang lain bahwa dirinya adalah anak adopsi? Bagaimana solusinya terhadap masalah tersebut?
Frater: Bagaimanapun perlu memberitahukannya. Kita akui bahwa si anak pasti berontak atas “nasib” hidupnya. Tapi berontak di sini bukan sebagai sebuah penolakan, melainkan rasa haru/syukur bahwa masih ada orang tua yang menaruh cinta dan perhatian padanya. Maka kesipaan mental orang tua asuh perlu dibentuk, mencari situasi yang tepat, situasi lingkungan sekitarnya juga harus mendukung. Orang tua asuh harus lebih sabar dalam menghadapi anak angkatnya. Perlahan-lahan dia akan merenungi dan menyadari bahwa orang tua angkat yang telah membesarkannya ternyata sangat mencintainya seperti anak kandung sendiri.

Iput: Dari perbincangan kita tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Gereja menerima anak adopsi dan memberikan perlakuan yang sama seperti anak-anak kandung dari pasangan katolik yang lain. Perlu diingat bahwa pengadopsian anak harus dilakukan secara legal sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Bagi Pasangan Katolik yang ingin memiliki anak adopsi dan memenuhi persyaratan untuk mengadopsi anak dapat langsung menghubungi Ibu C. Utaryo di Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta. Jl. Rajawali No.3 Pringwulung Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta. Telp. 0274-512918/514068 atau mengirimkan email di sayapibu@indosat.net.id Adopsi2.JPG Adopsi1.JPG

Aksi

Information

47 responses

31 07 2006
yudha

Sangat menarik,sayang saya telat baca nya, kebetulan tesis s2 saya adalah bidang pengangkatan anak dan perlindungan anak.Bagi umat Kristen, yang perlu mewaspadai, adalah UU Perlindungan Anak , dalam pasal pasal 39
Yang menyebutkan, bahwa ortu yang mengangkat harus sama agama nya.
Inilah repotnya, UU Perlindungan anak, khususnya tentang adopsi , sebetulnya tidak boleh menyangkutpaut kan agama.

8 08 2006
gemawarta

Terima kasih dengan tambahan informasi dari Anda. Semoga Tuhan senantiasa memberkati kita semua.

8 09 2006
melanie lauw-low

Salam dalam kristus,

saya maria theresia, melania Low, dulu tinggal di Bandung, lulusan SMA St Ursuline-merdeka, lulus Univ katholik atmajaya-jakarta, turuan Tionghoa, partner orang Belanda, putra satu, lulus umur 23 tahun di USa, fak Hukum-Colorado, ayah saya dr. Low, banyak bantu orang dengan kasih, respect binatang, respect LIVE met Love,

Saya punya rencana ambil satu bayi, tapi tolong tidak kulitgelap, mixed, is OK, bukan discriminatie, but, demi penting anak tersebut dari biccara tajam, karena orang dan anak2 disini bicara…. saya ingin mengambil baby, of yang baru akan lahir tahun depan 2007

tolong bantu, salam manis, salam sayang, salam hormat, God bless you, success

23 09 2006
Adinta

Panggil saja saya Inta. Saya hanya ingin sharing-apa yang saya rasakan saat ini. Saya berasal dari keluarga broken home. Ibu kandung saya meninggal saat saya kelas 2 SMP. Hubungan saya dengan Ayah saya sangat buruk. Sekarang Ayah sudah menikah lagi. Setahun yang lalu saya berpisah dengan tunangan saya karena dia menikahi wanita lain. Sampai sekarang saya masih trauma untuk menjalin hubungan lagi (pacaran) bahkan saya tidak pernah berminat untuk menikah. Dulu saat saya masih berpacaran dngannya, kami sering melakukan hubungan seks pra-nikah. Saya memang tidak ingin menikah tapi saya ingin memiliki seorang anak. Mungkin memang aneh. Tapi saya takut dengan pria. Saya merasa semua pria sama. Mereka hanya ingin enaknya aja. Tapi nggak pernah berani bertanggung jawab. ( sebelum bertunangan, saya pernah diperkosa;lalu saat bertunangan saya sering ‘dijual’ oleh tunangan saya karea ia butuh uang). Saat ini saya bingung dengan hidup saya, tapi saya selalu percaya bahwa Tuhan selalu memberi yang terbaik bagi saya walaupun ‘jalannya’ tidak sesuai dengan keinginan saya.
Saya hanya ingin bertanya, jika saya memiliki anak.. Bisakah saya menitipkannya di YSI sampai berusia 1 tahun lalu akan saya ambil dan rawat sendiri?

9 09 2009
lie darmawan

jangan pernah menyerah, mohon kekuatan dari roh kudus utk membimbing kita.tinggalkan dosa ,tunangan anda tidak mencintai anda tapi memanfaatkan. mohon kepada tuhan utk senantiasa beroleh hikmat dari NYA

23 09 2006
gemawarta

Ibu Melania, kami mohon maaf tidak dapat membantu dalam hal adopsi ini.

Rekan Inta, kami mendoakan kebahagiaan Anda selalu dan mengharapkan perlindungan dan berkat melimpah dariNya bagi Anda dan orang-orang yang Anda kasihi. Tentang pertanyaan Anda, kami sarankan untuk menanyakannya kepada Yayasan Sayap Ibu karena menyangkut kebutuhan khusus.

17 11 2006
henny sirait

nama saya henny sirait jakarta
saya dan suami sudah menikah selama 7 thn tapi sampai skrg blm memiliki anak…
saya dan suami berkeinginan mengadopsi seorang bayi perempuan yg baru lahir atau paling tidak baru bermur beberapa minggu..
tentunya bayi yang sehat dan baik…
saya mohon bantuan dan pertolongan sekiranya ada yang bisa memberitahu saya dari mana saya bisa mendapatkan bayi permpuan tsb..karena begitu besar keinginan saya dan suami untuk memiliki keturunan..karena secara medis saya dan suami agak susah memiliki keturunan sendiri…dan saya bersama suami sudah berusaha mencari ke PA Boncel – tangerang , PA Abhimata – Bintaro….
dengan penuh harapan dan kasih , saya mohon pertolongan..
jika memang ada informasi yang saya butuhkan tolong hub saya
( henny ) di no telp 0813 1700 9762 ( hp ) 021-831 7980 / 81
( kantor )..atau dengan suami saya ( imanuel ) flexi : 021-684 02677, hp : 0815 957 2578 …
semoga TUHAN memberkati !!
Love in Christ-
Henny Sirait
Jakarta

22 12 2006
silvy

Nama saya Silvy,

Saya berumur 42th dan suami saya wna umur 52th, kami telah menikah 7 thn ttp belum di karunia anak dan berencana akan mengadopsi anak. di dalam undang -2 max 45 thn. apakah kami masih dapat melakukan adopsi ? kami berdua masih sangat kuat dan sehat.

23 12 2006
jun2

Salam damai. Keluarga kami berharap dapat meng-adopsi seorg bayi perempuan, baru lahir/1-2 bulan. Hub : email : jun2_id@yahoo.com atau HP : 08127218230

24 12 2006
gemawarta

Rekan Henny, Silvi dan Jun.

Sekali lagi kami dari team Gema Warta tidak dapat membantu keinginan Anda secara konkret. Kami hanya dapat menyatukan doa kami dengan doa dan harapan Anda sembari juga berharap semoga ada yang dapat membantu lewat media ini. Salam dalam kasih Kristus.

2 01 2007
Lucy

salam damai dalam yesus kristus,saya single,beragama kristen protestan,saya sangat ingin mengadopsi anak perempuan(bayi) yang baru lahir di tahun 2007 ini untuk saya jadikan anak angkat.saya punya pekerjaan bagus di australia dan saat ini bekerja di australia,kalau anda2 bisa membantu saya,nomor telpon saya(0295)381818 atau email saya lu_cywin@hotmail.com. Terima kasih Tuhan memberkati!Lucy

14 02 2007
margaretha s

Nama saya margaretha suryaningsih.
saya telah menikah sudah 6 tahun, tapi dari awal pernikahan sampai dengan saat ini belum ada tanda tanda kehamilan untuk saya. maka bersama kesempatan ini saya ingin adopsi anak bayi perempuan kaloe bisa keturunan jawa. saat ini saya dan suami bekerja di perusahaan asing di jakarta dengan penghasilan yang cukup mapan, tapi kami merasa belum merupakan sebuah keluarga karena belum dikaruniakan seorang anak.
maka dapat kiranya rekan rekan memberikan informasi tempat /keluarga yang ingin di adopsi anaknya harap hubungi saya di 021-92986630 atau 021-92902640 atau email kapal72@yahoo.com
terimakasih sebelumnya atas perhatian rekan rekan semua.

Tuhan memberkati kita semua.

margaretha

7 03 2007
Reneldis

Hello Mat siang, saya seorang mahasiswa disalah satu perguruan tinggi yang ada diMalang.asal saya Flores-NTT.saya membutuhkan bantuan dalam menyelesaiakn study pada semester 8.saya kekurangan dana untuk menyusun skripsi

7 03 2007
Reneldis

Kalau mau membantu saya hubungi 085239222327
Tuhan memberkati

7 03 2007
Reneldis

saya ingin punya orang tua asuh diAustralia.

17 03 2007
novia

dear all,
gw sekarang lagi hamil 9 bulan. gw ma suami gw kondisi keuangan ga memungkinkan. sekiranya ada pembaca yang mau adopsi atau punya kenalan yang mau adopsi, please.. call gw di 08561037636 or email to denbaguse_212@plasa.com. kalo bisa buruan, coz sekitar tgl 20-an maret, gw da siap lahirin.thank’s.

22 03 2007
Dini

Sudah 2 tahun ini saya stay di malaysia karena saya menikah dengan chinese malaysian….karena saya menderita endometriosis dokter menyarankan saya untuk adopsi…saya ingin anak perempuan umur 3-5 bulanan biar maksimal mengasuhnya….
apakah di yayasan sayap ibu bisa membantu saya mengadopsi anak? bagaimana caranya, prosedurnya, biayanya dan syarat syaratnya? Tolong dong yang tahu tentang sayap ibu jawab pertanyaan saya…
Trims…

22 03 2007
Dini

Sudah 2 tahun ini saya stay di malaysia karena saya menikah dengan chinese malaysian….karena saya menderita endometriosis dokter menyarankan saya untuk adopsi…saya ingin anak perempuan umur 3-5 bulanan biar maksimal mengasuhnya….
apakah di yayasan sayap ibu bisa membantu saya mengadopsi anak? bagaimana caranya, prosedurnya, biayanya dan syarat syaratnya? Tolong dong yang tahu tentang sayap ibu jawab pertanyaan saya…Hubungi aku di Dyanie_andinie@yahoo.com
Trims…

11 08 2007
emi

kami juga sudah menikah 6 thn dan belom punya keturunan sampai sekarang, kami juga mohon bantuanya jika ada informasi anak yg bisa di adopsi.

emelldenn@yahoo.com

2 09 2007
lucy

Dear ALL,
Saya ingin sekali adopsi anak yang lahir th 2007. Mohon bantuannya.

2 09 2007
lucy

bisa hub sy melalui email utopianew99@yahoo.com
saya sangat mengharapkan dapat mengadopsi bayi yg lahir th 2007

5 11 2007
James Ang

Kami pasangan sudah menikah 9 tahun belum dikarunia anak, kami rindu untuk mengadopsi anak.
1. apa persyaratan adopsi anak wna menurut hukum Indonesia
2. dimana saya bisa dapatkan informasi untuk mengadopsi anak misalnya dari China?

12 01 2008
lia

Dear all,
saya berusia 26 tahun. dan saat ini sedang dalam keadaan hubungan yang tidak menentu. sampai saya sampai pada keinginan untuk tidak menikah. tetapi sejak remaja saya sesungguhnya sangat mencintai anak-anak. saya sangat ingin menjadi seorang ibu untuk seorang anak yang benar-benar membutuhkan seorang ibu. saya menginginkan sebuah keluarga. tetapi perkawinan sepertinya bukan jalan saya. bagaimana seandainya saya ingin mengadopsi seorang anak?

terima kasih

12 01 2008
lia

hubungi saya di: yulialoekito@gmailcom

21 04 2008
susriati

saya dan suami saya sdh menikah 8 th tapi belum ada tanda2 kehamilan,dan kami sangat ingin sekali punya anak.kami bermaksud u/ mengadopsi anak.sekiranya ada yg bisa membantu saya di mana kami bisa mengadopsi anak bisa hub.kami.susriati.081311153532 ato email di susriati_acc@rajabusana.com

9 07 2008
Lila Fransiska

Hallo
Saya sudah menikah 5 tahun, telah dikaruniai seorang anak perempuan sekarang berusia 4 tahun. Kami juga sedang merencanakan kehamilan kedua. Meskipun telah memiliki anak dan masih berkemungkinan memiliki anak lagi dari rahim sendiri, saya dan suami berniat berbagi dengan mengadopsi anak laki-laki berusia 1 sampai dua tahun. Kami tidak kaya tetapi berkelimpahan berkat: kesehatan, perkawinan yangbahagia, rejeki yang cukup, lingkungan yang sehat, pendidikan yang baik. Saya seorang dosen dan suami saya seorang tour organizer. Mohon info lengkap tentang syarat-syarat adopsi. Jika mungkin dari panti asuhan katolik/kristen di wilayah Denpasar atau Surabaya .fransiska_plj@yahoo.com
Trima kasih

24 10 2008
P. Sumarjono

Kami sudah menikah 7 tahun, tapi blm punya anak gimana dan yayasan mana yang bisa membantu saya mengadopsi anak kalau ada bisa hubungi saya via email paulussdj@yahoo.co.id atau tlp 081272028510

4 02 2012
Zary

saya dwi saya mau mngadopsi bayi yg saya kandung kira2 1minggu ni lahir aa brminat??? hub 085747464005

18 11 2008
Imelda

Saya dan suami Kristen Protestan. Bolehkah kami mengadopsi anak dari panti asuhan Katolik? Orang tua saya KAtolik. Sebelum menikah saya Katolik.

18 05 2009
diena

hallo…kami sudah menikah selama 3 thn dan ingin sekali mengadopsi baby berusia sekitar 3-4 bln. kami sama-sama bekerja di perusahaan swasta dan beragama Katolik. Kami tinggal di Jakarta. Kalau ada info bisa hub saya di diena_tz@yahoo.com. terima kasih dan Tuhan memberkati.

4 06 2009
Christina

Kami sudah menikah 5 tahun,tapi belum dikarunia anak..dimana yayasan yang bisa membantu kami mengadopsi anak perempuan..kalo bisa wni keturunan..kalo mix dengan wni ya gak apa2.kami berdomisili di Bandung.Saya mohon bantunnya.Untuk itu dapat menghubungi saya di ch1ngs@yahoo.com atau 0816624833
God Bless U

6 10 2009
jenny maria sugiono

saya ingin banget mengadopsi seorang bayi….dimana saya bisa mendapatkan alamatnya….saya tinggal di semarang….no hp 08122876412….terima kasih….mohon saya diberikan alamat dimana saya bisa mengadopsi seorang bayi……..

7 10 2009
febiola haeusler

dear all,
saya dan suami mau mengadopsi bayi perempuan, bagaimana cara nya ada yg bisa membantu saya. tolong hub saya di email ini.febiola.haeusler@yahoo.de
thanks atas saran dan bantuannya.

5 01 2010
anie

saya anie dari lota solo, saya hamil di luar nikah dn mengandung 8 bln ini..
saya beragama kristen, saya sangat senang jika ada yg maw mengadopsi calon bayi saya nanti yg diperkirakan lahir 12feb 2010, saya tidak sanggup membyar kelahiran saya nanti, sring saya periksakan setiap bulan sekali ke dokter kandungan dn sepertinya calon bayi saya laki laki, normal, sehat, dn saya sllu rutin mmnum susu kehamilan yg terbaex untk calon bayi saya, dengan segenap hati bila anda dengan senang hati ingin merawat calon bayi ini selayaknya anak sendiri Hub.saya di nomer Hp ini 085727042122

7 04 2010
eddy s

Haloo mbak Any,kami dan istri sudah 11 tahun belum dikaruniakan anak, sudah bolak-balik keberbagai yayasan pe,merintah yg resmi..tapi ujungnya masalah agama…kami jadi patah arang…kami kebetulan beragama katholik..secara ekonomi kami hidup cukup mapan, bahkan kamar anak2 sudah kami persiapkan sejak kami membangun rumah 8 tahun lalu….kami akan senang bila Ibu Any bersedia anaknya kami adopsi resmi….kami harapkan bantuan ibu Any……no telpon kami 0811 191378 / 021 70191378
Terima kasih atas perhatiannya…salam dari kami sekeluarga..

22 03 2010
Paulin Oei

saya dan suami ( kristen, chinese) sudah menikah 8 th tapi belum dikaruniai anak,, saya inging mengadopsi bayi perempuan,, saya sangan mendambakan bayi di tengah-tengah keluarga saya. saya akan merawat dengan segenap hati,, kiranya ada dari saudara2 yg bisa membatu saya,, ini no Hp saya,, 0817212992
terima kasih
GBU

16 06 2010
marcelline

Kami pasangan kristen yg sudah lama menikah tetapi belum dikaruniai anak. kami mohon informasi dimana tempat adopsi bayi perempuan umur 0-12bln. Pengennya sich yang ketrununan chinese juga…. supaya ga terlalu berbeda nantinya setelah dia besar. at least yang berkulit putih dan agak sipit lah….

Kalau ada yang punya info tolong hubungi di marcelline.gunawan@yahoo.co.id

Thanks, GBU

17 08 2010
agussridibyanto

Kami pasangan kel katolik, usia 43Th dan istri 39 Th,… dari suku jawa sudah memiliki anak3…. yg pertama kelas 2 SLTA. kedua klas 3 SMP. ketiga klas 1 SMP dan smuanya di Sekolahan Swasta smua. Saat ini istri kami mengandung usia sekitar 7 bln, dan kami berniat untuk memberikannya secara sukarela tanpa imbalan apapun, kepada keluarga yang benar2 menginginkannya dan mapan.
Kalau ada yang menginginkannya bisa menghubungi saya di 081326017160 atau email agussridibyanto@yahoo.com

20 08 2010
juli

Kami pasutri keturunan chinesse Kristen, berniat utk mengadopsi bayi perempuan/laki umur 1-12bln yang sehat, BUKAN yg masih dalam kandungan, diutamakan berkulit putih/ket.Chinese/Menado/blasteran. Karena pada wkt des 2009 itu kami mempunyai anak bayi perempuan, tetapi meninggal pada waktu persalinan. Dan skrg sulit untuk hamil. kami sangat mendabakan kehadiran anak. Utk menghindari penipuan, mohon maaf sekali kami tidak dapat melayani yg ingin memperjualbelikan bayinya dgn alasan apapun. Kalau ada diantara saudara baik pribadi maupun yayasan yg rela/ikhlas menyerahkan bayi perempuan/laki2 untuk kami sayangi seperti anak kandung kami sendiri. tolong hubungi saya di wuyouya@yahoo.com .Kami percaya bahwa Tuhan akan memberi anugerah yg sangat indah kepada kami meskipun harus melalui anak adopsi. Kami mohon hanya yang serius dan bermaksud baik yang menghubungi kami. Terima kasih, Tuhan Memberkati. GBU

30 08 2010
yayuk

Kami sudah lama menikah (7 thn) tapi Tuhan belum percayakan anak pada kami, beberapa bulan yang lalu tepatnya tanggal 14 Juli saya malah harus operasi angkat kandungan karena ada kista dan pendaraahan selama 2 bulan, dokter menyarankan untuk operasi angkat kandungan ini berdasarkan berbagai aspek. Dengan demikian kami memutuskan untuk adopsi anak.
Oleh sebab itu kami mohon bantuan dari semua pihak agar niat kami tersebut dapat terwujut.
Atas perhatian dan bantuaannya kami sampaikan terima kasih. Tuhan memberkati.
Hubungi kami: yayukkediri@yahoo.co.id

Terima kasih.

4 11 2010
renata

shalom…kami sudah menikah 5 tahun dan belum dikaruniai keturunan,kami pasangan jawa dan batak karo. kami sangat rindu untuk mengadopsi bayi. Seandainya ada yang memiliki info, bisa hubungi saya di 021 – 33419947.
kami akan mengasihi dengan sepenuh hati, menjadi anak berhasil dan takut akan Tuhan.

thanks, GBU/
Tiada yang mustahil bagi Dia- Rencananya indah,tepat pada waktunya….

29 11 2010
ester

saya wanita 27thn,sudah berumah tangga hampir 2thn.selama ini saya selalu ke dokter kandungan dan kesuburan utk mengecek kondisi kami.dan dokter memvonis saya tidak bisa memliki anak karena saluran indung telur ssaya tertutup/tersumbat.dan suami saya kondisi sperma nya tidak bagus.atw jumlahnya tidak normal (4,5jt)yg seharusnya 20tj.saya di anjurkan bayi tabung oleh dokter.dan saya tidak mau.sekarang saya rindu utk memiliki anak.kalau ada yg bisa bantu saya.tolong email ke saya.

terima kasih…
Tihan Yesus memberkati

ester…

18 03 2011
Yohana

Kami keluarga Kristen, ingin sekali mengadopsi anak perempuan ( 0- 1tahun ) sehat dan normal. Kami sudah lama menikah, kalau sekiranya ada informasi tolong email
kami Krisinta@yahoo.com Kami akan menyayangi seperti anak kami sendiri. Terima
kasih sebelumnya. Tuhan Memberkati

22 07 2011
cucu_lotjou@yahoo.com

Saya Henny, sedikit ingin saya tanyakan bagaimana cara mengadopsi anak beby di sayap ibu apakah sangat sulit prosedurnya ?….

Makasih

13 12 2011
putri

saya mau minta tolong gema warta bisa membantu saya dalam penulisan proposal skripsi saya tentang Adopsi Anak menurut Gereja Katolik. terima kasih, mohon bantuannya. mau minta info kalo di jakarta saya bisa mencari info tentang Adopsi menurut gereja katolik ini kemana, saya sangat mengharapkan gema warta bisa membantu. tolong hubungi saya melalui email kiseki_yume@yahoo.com., GBU

25 01 2012
Werdi

Salam sejahtera, saya dan suami saya sudah 7 tahun menikah tapi belum dikaruniai anak. Kami berharap mendapat bantuan/informasi bagaimana dan dimana kami bisa mengadopsi seorang anak perempuan umur 0 – 1 tahun. Terima kasih banyak atas infonya. Mohon info dikirimkan ke: nmwpratiwi@yahoo.com

5 02 2012
monika

saya melihat banyak sekali yang berharap bisa mengadopsi bayi, saran saya contact langsung ke YAYASAN SAYAP IBU, Jl. Rajawali No.3 Pringwulung Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta. Telp. 0274-512918/514068 atau mengirimkan email di sayapibu@indosat.net.id , semoga Tuhan memberkati, karena prosesnya tidak akan mudah.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

