1 tahun GEMA WARTA: Berkarya melalui media informasi elektronik

24 08 2006

Oleh: Caroline Silka Salim

logo-gw.jpgPuji Tuhan! Memasuki bulan September 2006 ini Gema Warta telah mencapai usianya yang pertama. Satu tahun yang baru berlalu merupakan perjuangan berat para anggota perdana Gema Warta untuk dapat berdiri dan tetap berkarya demi Gereja Katolik di Balikpapan. Namun, kami yakin campur tangan Tuhan lah yang membuat kami tetap punya semangat tinggi dan karena Dia jugalah kami selalu diberikan jalan dan kemudahan dalam menjalankan program Gema Warta selama ini. Dalam rangka ulang tahunnya yang pertama ini, kami ingin membagikan beberapa catatan mengenai sejarah & perjalanan Gema Warta. 

Cikal Bakal Organisasi GEMA WARTA
Terbentuknya GEMA WARTA berawal dari sekelompok pekerja & eksekutif Katolik di Balikpapan yang sifat kegiatannya memberikan bimbingan bagi KOMKA terutama dalam pencarian kerja dan bagaimana membentuk pribadi yang mantap ketika memasuki dunia kerja setelah lulus SMA/Kuliah. Kelompok ini menamakan diri ”Team PENDAMPINGAN”. Team PENDAMPINGAN ini diprakarsai oleh Bapak Lucas Nasution dan didukung oleh rekan-rekan lain, seperti Bpk. Bimbong, Bpk. D. Tjipto, Bpk. David Goh, Bpk. Farianto, Bpk. Ladung, Bpk. Anton Sudarisman, Bpk Alex Purwoto, Pak Tonny Casiano, Ibu Elsa Nasution & saya sendiri. Beragamnya kegiatan Team PENDAMPINGAN membuahkan satu ide baru lainnya, yaitu membuat Siaran Agama Katolik. Dan kebetulan saat itu, Radio Gemaya FM berkenan memberikan satu jam slot untuk Siaran Agama Katolik ini.  Dan berkat dukungan dan bimbingan Pst. Kristianto, MSF & Pak Dominicus Tjipto, kami berhasil membuat kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah Project Charter, dimana terdapat semua rancangan Program & Materi Talkshow, serta pembentukan Organisasi GEMA WARTA yang sah dan ditandatangani pada tanggal 26 Agustus 2005 oleh Pst. Kristianto, MSF, Pak D. Tjipto, Silka, Pak David Goh dan Pak Tonny.   Penamaan “GEMA WARTA”, diambil dari asal kata: “GEMA” yang berarti gaung/menyebarluaskan dan sekaligus mengikuti nama dari PT. Radio Gema Rekayasa (GEMAYA). Sedangkan “WARTA” berarti pewartaan/Kabar Gembira. Oleh karena itu, kami bercita-cita agar GEMA WARTA ini mampu menjadi salah satu wadah pewartaan Kabar Gembira bagi Umat Katolik se-Balikpapan dan untuk mendapatkan informasi yang benar seputar Gereja Katolik, Iman Katolik & issue-issue yang berkembang di sekitar Gereja kita.  Susunan Kepengurusan GEMA WARTA sampai saat ini sbb:

Koordinator Penanggung Jawab Program
Pastor Josef Kristianto, MSF

Anggota Penanggung Jawab Program
Pastor Agustinus Sattu, OMI

Koordinator Penasehat Program
Dominicus Tjipto

Perwakilan dari Radio Gemaya FM
Tonny Casiano Salim

Team Leader
Caroline Silka

Co-Leader
David Goh

Sekretaris
Maria Paskanita & Ivan A. Julius

Bendahara
Lily Gandakusuma & Yenni Eka Sari

Host
Ipoet, Pipit, Dias, Kamilus Ude, Monic, David C. Senduk, Theo Filus Lie Wa, Andre ”Dahor”, Andre W, Ajeng

Div. Rekruitment
Ursula Vina & Rocky Natio Pasaribu

Div. Off-Air
Michael Komala, Agung, Tommy
  GEMA WARTA, wadah Umat Katolik untuk berbagi informasi melalui Siaran Radio 
GEMA WARTA memiliki Visi & Misi khusus sebagai berikut: Visi :      

  1. Memberikan wawasan yang lebih luas mengenai “Katolik” kepada umat Katolik di wilayah Balikpapan khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, melalui siaran di Radio Gemaya 104.5 FM      
  2. Menjadi acara Talkshow Agama Katolik yang didengar seluruh umat Katolik se-Balikpapan Misi :

  1. Memberikan pemahaman iman Katolik yang benar kepada masyarakat      
  2. Meningkatkan pengetahuan, iman, dan rasa syukur bagi umat Katolik      
  3. Menaburkan benih kasih bagi sesama Materi-materi Talkshow yang kami siapkan merupakan ajaran-ajaran dasar Iman Katolik sekaligus memberikan gambaran nyata di kehidupan jaman kini. Untuk mengakomodasi hal tersebut, kami selalu mengundang 2 orang Narasumber dengan latar belakang berbeda, satu dari pihak Gerejawi (Pastor / Suster / Frater) dan satu dari pihak Awam (Bruder / Pro-Diakon / anggota Dewan Paroki / umat biasa). Narasumber yang dipilih adalah mereka yang memiliki kompetensi & latar belakang khusus sesuai dengan Materi Talkshow yang akan ditayangkan. 

Seluruh pembuatan Materi Talkshow sampai dengan ditayangkannya merupakan satu kesatuan proses yang harus diketahui dan disetujui oleh Penanggung Jawab Program kami. Hal ini merupakan salah satu komitmen kami untuk menjaga kualitas Materi Talkshow dan kualitas dari Narasumber yang dipilih.   Dengan demikian, tujuan GEMA WARTA sebagai salah satu wadah bagi Umat Katolik untuk berbagi pengetahuan & informasi dapat tercapai. Karya GEMA WARTA selama 1 tahun pertama
Karya utama kami dipusatkan pada kegiatan On-Air Talkshow Agama Katolik di Radio Gemaya 104.5 FM Balikpapan setiap Kamis malam, yang menayangkan topik-topik seputar dogma, ajaran, realitas hidup dan issue-issue yang berkembang di masyarakat sesuai dari pandangan Katolik. Namun, di samping kegiatan On-Air tersebut, kami juga melakukan kegiatan-kegiatan di luar Talkshow, antara lain:

  1. Penerbitan Bulletin Gema Warta, tgl 24 Desember 2005, merupakan salah satu sarana promosi Program melalui media cetak sekaligus menuangkan hasil Talkshow ke dalam bentuk dokumentasi yang lebih nyata dan dapat dibaca oleh umat Katolik lain yang tidak terjangkau oleh siaran Radio kami. Saat ini penerbitan Bulletin Gema Warta sedang dipertimbangkan kelanjutannya, dengan berbagai aspek yang perlu dievaluasi ulang.

  2. Workshop; sudah diadakan sebanyak 3 kali (tgl 28 Agustus 2005, tgl 30 Oktober 2005 & tgl 30 Maret 2006), merupakan salah satu sarana pengenalan Program kepada Pastor/Suster/Frater/Bruder dan umat pilihan yang kami target dapat menjadi narasumber dalam Talkshow kami.

  3. Liputan ke Gereja-Gereja / Stasi di luar kota Balikpapan, antara lain: Gereja Katolik ”Utuslah RohMu Ya Tuhan” di KM.45 & Rumah Retret ”Bukit Rahmat” di Putak, Tenggarong. Juga melakukan Liputan Acara-acara Gereja Katolik lainnya, seperti Pertemuan Triwulan KOMKA se-Kevikepan Pantai, dll.

  4. Melakukan Survey Pendengar ke 3 Paroki di Balikpapan tanggal 13 – 28 Mei 2006. Survey dilakukan dengan tujuan mendapatkan animo Umat Katolik secara umum serta mendengarkan saran & kritik terhadap Siaran Gema Warta selama ini.

  5. Mendukung dan berperan aktif dalam berbagai kepanitiaan Acara Gereja Katolik di Balikpapan, antara lain: Aksi Panggilan di sekolah St. Mikael & Pameran Sekolah Tarekat-tarekat se-Kalimantan Timur di Aula Sta. Theresia yang baru lalu, dll.

  6. Membuat jalur komunikasi & informasi melalui internet: email, mailing list & website sendiri; hal ini merupakan salah satu cara kami untuk mengenalkan diri dan lebih terbuka kepada seluruh umat, tidak hanya umat Katolik di Balikpapan, namun juga untuk seluruh umat di Indonesia ini pada umumnya.

Contact Us
Dukungan Gereja dan Umat berupa sumbang saran, ide, kritik, dll sangat kami harapkan untuk kelangsungan program ini. Untuk itu kami telah membuat email khusus bagi para pendengar Gema Warta, yaitu: gemawarta@radio.fm dan juga telah dibentuk Mailing List: gemawarta@googlegroups.com yang berisi informasi-informasi seputar kegiatan Gema Warta khususnya materi Talkshow yang akan ditayangkan. Kami baru-baru ini juga telah mengembangkan website sendiri dalam bentuk blog di https://gemawarta.wordpress.com. Umat yang tidak terjangkau oleh siaran kami atau ketinggalan mendengarkannya, bisa masuk ke website kami, di sana kami posting semua materi talkshow yang telah ditayangkan di Radio Gemaya. Dan Umat yang membutuhkan rekaman talkshow, kami juga membuatnya dalam bentuk CD.  

Bagi Umat yang tergerak untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai perkembangan Gema Warta saat ini atau memperoleh CD rekaman talkshow kami, dapat menghubungi langsung Silka di 0811 544001 atau
David Goh di
0817 865688. Ucapan Terima kasih
Kami cukup bangga dapat melakukan tugas & karya pewartaan demi perkembangan Gereja Katolik di Balikpapan dengan memberikan kontribusi nyata melalui media informasi elektronik. Meskipun kami belum mendapatkan 100% dukungan dari semua pihak namun kami berharap apa yang telah kami lakukan ini dapat terus mendapatkan dukungan dan support dari semua kalangan, Gereja dan Umat Katolik khususnya untuk di Balikpapan dan sekitarnya, sehingga tugas & karya kami tidak berhenti sampai sini saja. 

Pada akhirnya, kami ingin berterima kasih kepada P. Joseph Kristianto, MSF, P. Pieter Sinnema, MSF dan Pak D. Tjipto dari Paroki Sta. Theresia, Prapatan, P. Yoseph, OMI & P. Sattu, OMI dari Paroki St. Petrus & Paulus, Dahor, P. Maratmo, MSF dari Paroki St. Klemens I, Sepinggan, dan Pst. Piero, OMI dari Gereja ”Utuslah RohMu, Ya Tuhan” KM45 dan semua Narasumber yang tidak mungkin kami sebutkan satu persatu di sini atas dukungan dan bimbingannya selama ini. Juga tidak lupa terima kasih bagi seluruh Umat Katolik di Balikpapan yang telah mendukung dan dengan setia mendengarkan siaran kami.  Kiranya apa yang sudah Tuhan tanam melalui Gema Warta dapat berbuah banyak dan semoga Tuhan membalas karya dan pelayanan kita semuanya. Viva Gema Warta!

(csw)


Aksi

Information

3 responses

24 08 2006
Yulianus Firmansyah Ladung

Proficiat buat teman-teman di Gema Warta. Semoga sungguh buah-buah karya Ilahi diwartakan melalui karya ini. Jangan berhenti berkarya, karena pasti banyak orang yang akan siap membantu dan mendukung karya ini. Amin.

25 08 2006
Yulianus Firmansyah Ladung

Mba Silka, ralat dikit nih. Barangkali kelupaan aja kali ya, Pastor Pierro (Pastor Maria Mitro Dharmo) itu kan OMI kan? Demikian Mba. Sukses selalu ya.

10 05 2009
Henakin

Bagaimana kabar Pastor Agus Sattu ? Kami doakan dari Ceger TMII, Jakarta. Semoga tambah bijaksana dan melayani Tuhan dan ordo dengan setia dan penuh semangat.

Boleh email ke alamat mas Gatot yang dulu pernah koor bareng di RS Harapan Bunda, di Gereja Taman Mini…. dan main-main plesetan karya seminaris yang lucu dan ngeselin.

Berkat Tuhan Selalu Menyertaimu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: