Misa Penerimaan Sakramen Krisma, Gereja Ratu Rosari, Jagakarsa

18 09 2006

Minggu, 17 September 2006, 07.00 – 09.00
-atseputro, Gemawarta, Jakarta-

Gereja Ratu Rosari, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Gereja ini terletak di perbatasan Jakarta Selatan – Depok dan merupakan salah satu dari beberapa gereja di Jakarta dimana konggegrasi MSF berkarya. Di kompleks gereja ini terdapat Panti Asuhan St. Vincentius Putra – salah satu panti asuhan yang cukup terkenal di Jakarta. Selain itu, terdapat pula SD Desa Putra, SMP Desa Putra, STM Grafika Desa Putra dan Balai Kesehatan Masyarakat. Bruderan Budi Mulia juga menjadi salah satu penghuni kompleks gereja ini. Bruder-bruder Budi Mulia inilah yang mengelola sekolah, panti asuhan dan balai kesehatan.

Memenuhi undangan seorang rekan, penulis bermotor selama 30 menit dari tempat tinggal penulis untuk datang ke gereja ini dan menghadiri Misa Penerimaan Sakramen Krisma bagi 104 krismawan – krismawati. Misa Konselebrasi dengan konselebran Bapa Uskup Agung Jakarta Mgr. Julius Kardinal Darmaatmaja, Rm. Hendrikus Eko Riyanto, MSF dan Rm Antonius Gunardi, MSF ini dimulai tepat jam tujuh pagi. Paduan Suara Laudate Gloriam pimpinan Bp. Ign. Bambang Eko Sanyoto menjadi pengiring dalam misa ini.

Dalam khotbahnya, Bapa Uskup menyampaikan bahwa dengan menerima Sakramen Krisma, maka krismawan dan krismawati telah mencapai kedewasaan iman. Sakramen Krisma merupakan salah satu dari tiga sakramen yang termasuk dalam sakramen inisiasi. Dengan mengambil mesin diesel sebagai contoh, Bapa Uskup memberikan nasehat kepada para penerima krisma. Mesin diesel selalu siap sedia untuk mengalirkan listrik saat aliran listrik dari PLN padam. Tapi untuk itu tetap saja ada tombol untuk mengaktifkannya. Demikian pula para krismawan, lanjut Bapa Uskup, boleh menyatakan diri penuh dengan Roh Kudus tetapi tetap saja diperlukan suatu tindakan nyata untuk mewujudkannya.

Penerimaan minyak krisma berlangsung meriah dengan iringan lagu-lagu pujian dari paduan suara yang selama misa berlangsung terlihat sangat bersemangat. Penulis bisa melihat bagaimana kesiapan paduan suara ini dalam tugas kali ini.

Selesai misa, Bapa Uskup menyempatkan diri memberikan berkat bagi anak-anak sekolah minggu, dan juga berfoto bersama dengan para penerima krisma. Misa berakhir jam sembilan pagi, dan berakhir pula kunjungan penulis yang pertama ke Gereja Ratu Rosari Jagakarsa.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: