Liputan Kegiatan Bedah Buku, 15 Oktober 2006 di Aula Gereja Sta. Theresia, Prapatan

7 11 2006

Oleh: Lucas Nasution

Bedah BukuHidup yang tidak dipertanyakan –kata Sokrates- tidak layak untuk dijalani.
Sesungguhnya “bertanya” adalah keunikan manusia yang kiranya kerap terlewatkan begitu saja. Terlebih menghadapi kebiasaan, tradisi, otoritas, dsb. Juga dalam hal agama kerap kita tidak mempertanyakan praktek keagamaan kita. Kita lebih sering ikut arus saja tapi mau kritis.

Dalam semangat kritis ini GEMAWARTA yang baru orok dalam ukuran hidup manusia hendak memperingati hari jadi pertamanya. Bedah buku yang kiranya baru pertama kali digelar di Balikpapan dipanggungkan tidak tanggung-tangung dengan judul mentereng: Agama, Religiositas dan Spritualitas. Judul yang (bahkan untuk mengucapkannya saja
sudah kagok) sengaja dipilihkan crew GEMAWARTA untuk mengajak umat sekalian untuk menelisik sebentar mempertanyakan bagaimana penghayatan keimanan masing-masing. Sejalan dengan misi GEMAWARTA itu sendiri.
 
Tampil sebagai pebedah tidak kurang dari penulis buku itu sendiri. Seorang Jesuit yang lebih suka dipanggil “Pak”. Pak Mangun terbang dari Surabaya khusus untuk menemani bincang-bincang di aula Prapatan tanggal 15 Oktober yang lalu. Hadir sekitar 50 undangan yang dengan antusias mengikuti acara diskusi dengan aktif.  Acara yang berlangsung hampir 4 jam seolah tidak  menyurutkan semangat mereka. Hingga penghujung acara pertanyaan-pertanyaan kritis terus mengalir.

Dari wajah-wajah para hadirin tergambar kepuasan sekaligus kehausan akan acara sejenis.
Publik Balikpapan sesungguhnyalah merindukan acara-acara yang menantang intelektualitas. Dan kiranya ini dapat menjadi lahan garapan organisasi-organisasi kategorial sepeti GEMAWARTA.

(ln)


Aksi

Information

One response

13 11 2006
kopong tuan yohanes

Tetapi apakah dengan bertanya manusia mencapai suatu tahapan kritis intelektual? Mungkinkan seorang manusia cukup dengan bertanya tanpa meyadari dirinya bahwa sesungguh manusia dari kodratnya tidak mempunyai pengetahuan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: