Hari Minggu Misi Sedunia ke-80

22 11 2006

Narasumber: Pastor Pieter Sinnema MSF. Host: Ivan dan Silka 

Rekan setia, Minggu tanggal 22 Oktober 2006 dirayakan seluruh Gereja Katolik di manapun juga sebagai Hari Minggu Misi Sedunia, yang tahun ini dirayakan sebagai Minggu Misi Sedunia yang ke 80. Pasti rekan setia juga mungkin melihat ada poster di gereja parokinya, poster dari Karya Kepausan Indonesia mengenai Minggu Misi Sedunia ke 80, juga tentang Konggres Misi Asia I di Chiang Mai-Thailand. Tahun ini juga, Misionaris Keluarga Kudus MSF, khususnya MSF provinsi Kalimantan merayakan 80 tahun karya MSF di Kalimantan. Berarti sudah sejak tahun 1926 MSF hadir dan berkarya di Kalimantan.

Ivan :
Apa Minggu Misi Sedunia itu, Pastor?

P. Sinnema:
Minggu Misi Sedunia adalah sebuah hari yang dikhususkan untuk mendoakan dan mewartakan karya misi Gereja Katolik di dunia yang dirayakan bersama-sama juga oleh Gereja Katolik sedunia bersamaan. Hari Minggu Misi dirayakan pada hari Minggu sebelum hari Minggu terakhir di bulan Oktober, dan tahun ini jatuh pada hari Minggu 22 Oktober lalu. Tahun ini dirayakan sebagai Hari Minggu Misi Sedunia yang ke 80, karena penetapan sebuah hari untuk mendoakan misi Gereja ini memang dimulai 80 tahun lalu. Tanggal 14 April 1926, saat itu Paus Pius XI memberikan persetujuannya pada permintaan Serikat Kepausan untuk Pengembangan Iman untuk merayakan sebuah hari dalam setahun untuk mendoakan dan mewartakan karya-karya misi dan dirayakan secara bersama-sama oleh semua keuskupan dan paroki-paroki di dunia. Perayaan ini diharapkan dapat meningkatkan pengertian mengenai betapa besarnya arti karya misi, mendorong semangat karya misi di antara orang Katolik, kaum awam dan kaum klerus dan juga mendorong sumbangan bagi karya misi. Berarti sudah 80 tahun Minggu Misi Sedunia ini dirayakan dan setiap tahunnya diisi dengan pesan-pesan misi. Tahun ini sendiri, untuk pertama kalinya Paus Benediktus XVI memberikan pesannya yang berjudul ”Kasih, Jiwa Misi” (Charity, the Soul of Mission) yang didasarkan pada ensikliknya yang berjudul Tuhan adalah Kasih (”Deus Caritas Est”). Mendiang Paus Yohanes Paulus II sendiri selama masa kepausannya mengeluarkan 27 pesan untuk Minggu Misi Sedunia.

Ivan:
Lalu apa itu Serikat Kepausan untuk Pengembangan Iman itu Pastor?

P. Sinnema:
Serikat Kepausan untuk Pengembangan Iman ini adalah satu dari empat badan dalam Serikat-serikat Misi Kepausan (tiga yang lain adalah Serikat Kepausan Serikat Kepausan Anak/Remaja Misioner (Sekami), Serikat kepausan St. Petrus Rasul (untuk Pengembangan Panggilan Pribumi), dan Serikat Kepausan Klerus dan Awam Misioner), cikal bakalnya dimulai kurang lebih saat Revolusi Perancis. Pada tahun 1815 Uskup New Orleans di Amerika Serikat datang ke Lyon Perancis berusaha mengumpulkan dana bagi keuskupannya yang berada dalam kondisi kekurangan pendanaan. Ia mengungkapkan keinginan untuk mendirikan perkumpulan untuk mendukung misi di Louisiana. Tahun 1820 Pauline Marie Jaricot, juga di Lyon menerima surat dari kakak lelakinya, siswa seminari yang menceritakan betapa sulitnya karya misi orang Perancis ke luar negeri. Pauline Marie Jaricot kemudian mengusahakan sebuah asosiasi di mana anggotanya menyumbang satu sen setiap minggu bagi karya misi. Keanggotaan asosiasi ini berkembang hingga mencapai ribuan orang dan mereka dapat mengirimkan dana ke Asia. Tahun 1822 utusan dari keuskupan New Orleans ini kembali ke Lyon untuk mengusahakan asosiasi serupa untuk misi di Amerika Serikat tetapi akhirnya daripada membuat asosiasi baru, mereka memutuskan untuk bergabung. Pada 3 Mei 1822, Serikat Kepausan untuk Pengembangan Iman secara formal dibentuk. Tujuannya adalah untuk membantu misionaris Katolik dengan doa dan pendanaan. Tahun 1823 delegasi Serikat ini diterima oleh Paus Pius VII. Tahun 1840 Paus Gregorius XVI menjadikan Serikat ini sebagai Serikat Resmi Kepausan, sebagai sebuah institusi resmi dalam badan Gereja Katolik. Pada tanggal 25 Maret 1904 Paus Pius X menganugerahkan hak-hak yang lebih besar bagi Serikat ini dan menjadikan peringatan St Fransiscus Xaverius, pelindung Serikat Kepausan untuk Pengembangan Iman ini sebagai hari raya.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: