Sr. Paula, MASF – In Memoriam

31 10 2012

Dear rekan-rekan Gemawarta,

Malam ini akan diadakan Misa Requiem 7 Hari Wafatnya Sr. Retno Paula, MASF jam 19:30 WITA di Aula SD St. Mikael (SD RK), Serobong, Balikpapan. Bagi rekan-rekan yang ingin mengenang & mendoakan beliau, silakan bergabung ya.

Sekilas tentang Sr. Retno Paula, MASF dari cerita yang saya tau dan sudut pandang mata saya:
Beliau adalah salah satu founder dari Rumah Retreat “Bukit Rahmat” Putak, Loa Duri. Beliau lah yang menebas pepohonan dan hutan di sekitar areal calon rumah retreat sekitar 11-12 tahun lalu. Beliau juga yang mengalami peristiwan kebakaran hebat di bagian dapur rumah Retreat dan kemudian mengajak umat Katolik di Balikpapan untuk peduli dengan pembangunan kembali Dapur Rumah Retreat dengan berapi-api, sehingga saat itu Dapur dapat dibangun kembali dengan cepat dan lebih luas.

Beliau sosok yang tegar, tegas dan berwibawa. Saya kehilangan tawanya yang lepas dan lebar. Saya mengenal beliau sejak 2005-2006 sewaktu saya “bertugas” sebagai reporter Program Talkshow GEMAWARTA (GW). Beberapa kali team GW mengunjungi Rumah Retreat Putak untuk mewawancarai Sr. Paula dan semua suster MASF yang mengelola rumah retreat ini.

Beliau juga berjuang bersama semua Sr MASF di tempat itu untuk mempertahankan areak milik Rumah Retreat agar tidak terkena gusuran jalur tambang dan perkebunan Sawit yang akan dibuka oleh mereka yang kurang bertanggung jawab.

Rumah retreat Putak kini menjadi saksi bisu atas perjuangan dan pelayanan Suster Paula, MASF untuk menyediakan tempat yang layak bagi umat Katolik & Kristen pada umumnya, tempat yang nyaman untuk berdoa, rekoleksi, retreat, rapat Dewan, dll.

Masih banyak kesan dari beliau, yang tidak cukup diceritakan dalam 1-2 hari saja. Begitu banyak kontribusi beliau, dan dari sisi saya secara pribadi maupun saya sebagai Ketua maupun Anggota Organisasi Kategorial, Gemawarta (dulu) dan saat ini KKMK BPN, saya merasa sangat bertumbuh dengan kehadiran beliau, dengan kotbah-kotbah beliau ketika rekoleksi/retreat, dengan sapaan-sapaan manis beliau. Semoga kiranya perjuangan pelayanan beliau patut menjadi teladan bagi siapapun yang pernah mengenai beliau selama hidup di dunia.

Sr Paula kemudian terkena kanker payudara sekitar tahun 2007/2008 (saya kurang pasti) karena beliau selalu menutupi kalau beliau ternyata sudah didiagnose terkena kanker, jadi saya pastinya kurang tau. Yang saya ingat, waktu itu kami dari Bakor Umkris Chevron mengadakan retreat di sana dan beliau akhirnya cerita mengenai penyakitnya dan perjuangannya untuk sembuh.

Dua tahun lalu, Sr. Paula sempat mampir ke BPN, setelah berobat cukup lama di Solo. Waktu itu saya masih sempat “nodong” Sr. Paula untuk jadi narasumber dalam acara Devosi Besar Bunda Maria thn 2010 di Grj Sta. Theresia, Prapatan. Sr. Paula betul mau menyempatkan diri hadir dalam acara tersebut dan memberikan kesaksiannya mengenai iman terhadap Bunda Maria, namun sayangnya justru hari itu saya terpaksa pergi ke Jakarta untuk dinas kantor yang mendadak, dan saya tidak berkesempatan bertemu beliau waktu itu dan hanya diwakilkan oleh suami dan Citra saja yang menemani beliau.

Sejak saat itu, kami hanya berkomunikasi dengan sms/telpon, masih saling mengucap salam Ultah, Natal, Paskah, dll, dan seperti halnya ketika Suster meminta bantuan untuk biaya pendidikan bagi anak2 yatim di Solo. Saya sempat membantunya menggalang dana tersebut di Balikpapan bersama crew Gemawarta. Setelah itu saya akhirnya mendengar kabar duka cita ini.

Suster Paula, selamat jalan Suster, engkau telah hidup dan menjadi inspirasi bagi kami yang masih berziarah di dunia ini. Terima kasih Sr atas dedikasi dan pelayanan yang telah Sr berikan, meskipun sakit parah, namun Sr selalu bersemangat untuk memberikan yang terbaik buat sesama. Sr, semoga perjalanan mu ke rumah Bapa segera tiba di Surga dan mohon doakan kami agar selamat pada saat akhir nanti.

Terima kasih Suster Paula, MASF. Tuhan Yesus memberkati mu.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: