Gema Warta

Oleh: Caroline Silka 

Cikal Bakal Organisasi GEMA WARTA

Tak terasa GEMA WARTA sudah tayang di Radio Gemaya 104.5 FM sebanyak 13 edisi sejak 1 September 2005 yang lalu. Terbentuknya GEMA WARTA berawal dari Team PENDAMPINGAN yang beberapa kali mengadakan kegiatan bersama KOMKA se-Balikpapan. Team PENDAMPINGAN ini diprakarsai oleh Bapak Lucas Nasution dan didukung oleh rekan-rekan lain, seperti Bpk. Bimbong, Bpk. D. Tjipto, Bpk. David Goh, Bpk. Farianto, Bpk. Ladung, Bpk. Anton Sudarisman, Bpk Alex Purwoto, Pak Tonny Casiano, Ibu Elsa Nasution & saya sendiri. Beragamnya kegiatan Team PENDAMPINGAN membuahkan satu ide baru lainnya, yaitu membuat Siaran Agama Katolik. Dimana kebetulan pada saat itu, Radio Gemaya berkenan memberikan satu jam slot untuk Siaran Agama Katolik ini. Saat itu, atas dasar cita-cita & mimpi saya, saya diberikan kepercayaan untuk mewujudkan Program ini. Dan berkat dukungan dan bimbingan Pst. Kristianto, MSF & Pak D. Tjipto, kami berhasil membuat kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah Project Charter, dimana terdapat semua rancangan Program & Materi Talkshow, serta pembentukan Organisasi GEMA WARTA yang sah dan ditandatangani pada tanggal 26 Agustus 2005 oleh Pst. Kristianto, MSF (yang ditunjuk sebagai Penanggung Jawab Program), Pak D. Tjipto (yang ditunjuk sebagai Penasehat Program), Silka sebagai Team Leader, Pak David Goh sebagai Co-Leader dan Pak Tonny sebagai Pimpinan Radio Gemaya.  Penamaan “GEMA WARTA”, yang artinya: “GEMA” = gaung / menyebarluaskan dan sekaligus mengikuti nama dari PT. Radio Gema Rekayasa (GEMAYA). Sedangkan “WARTA” = pewartaan / Kabar Gembira. Oleh karena itu, kami bercita-cita agar GEMA WARTA ini mampu menjadi salah satu wadah bagi Umat Katolik se-Balikpapan untuk mendapatkan informasi yang benar seputar Gereja Katolik, Iman  Katolik & issue-issue yang berkembang di sekitar Gereja kita.  

GEMA WARTA, wadah Umat Katolik untuk berbagi informasi melalui Siaran Radio 

Program ini ditujukan untuk memberikan wawasan yang lebih luas mengenai “Katolik” kepada Umat Katolik di wilayah Balikpapan khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, melalui siaran di Radio Gemaya 104.5FM. Untuk menanggapi pendapat beberapa umat yang menganggap bahwa Program ini adalah milik Paroki Sta. Theresia, Prapatan adalah salah. Kami hadir di sini untuk seluruh Umat Katolik se-Balikpapan dan keanggotaan di dalam GEMA WARTA pun sangat bervariasi, mulai dari Eksekutif Muda, Pekerja / Pegawai Negeri sampai KOMKA yang berasal dari 3 Paroki di Balikpapan. Materi-materi Talkshow yang kami siapkan merupakan ajaran-ajaran dasar Iman Katolik sekaligus memberikan gambaran nyata di kehidupan jaman kini. Untuk mengakomodasi hal tersebut, kami selalu mengundang 2 orang Narasumber dengan latar belakang berbeda, satu dari pihak Gerejawi (Pastor / Suster / Frater / Bruder / Biarawan / Biarawati) dan satu dari pihak Awam. Narasumber yang dipilih adalah mereka yang memiliki kompetensi khusus sesuai dengan Materi Talkshow yang akan ditayangkan. Seluruh pembuatan Materi Talkshow sampai dengan ditayangkannya merupakan satu kesatuan proses yang harus diketahui dan disetujui oleh Penanggung Jawab Program kami. Hal ini merupakan salah satu komitmen kami untuk menjaga kualitas Materi Talkshow dan kualitas dari Narasumber yang dipilih.  Dengan demikian, tujuan GEMA WARTA sebagai salah satu wadah bagi Umat Katolik untuk berbagi pengetahuan & informasi dapat tercapai. 

Kegiatan Rutin 

Kami mempunyai beberapa Kegiatan Rutin, salah satunya mengadakan Rekruitmen dan Training terhadap Host baru.  Kegiatan rutin lainnya adalah Workshop. Workshop ini diadakan 2 bulan sekali. Tujuan Workshop adalah untuk melakukan perencanaan Jadwal On-Air, Pembagian Tugas Host, Penentuan Materi dan mempertemukan para Host dengan para Narasumber terpilih, agar mereka dapat saling kenal dan langsung berdiskusi mengenai Materi Talkshow yang akan dibawakan untuk 2 bulan ke depan. Diadakan pula meeting evaluasi yang dilakukan minimal sebulan sekali, untuk mengevaluasi hasil-hasil siaran sebelumnya, dan juga evaluasi teknis para Host. Penerbitan Bulletin GEMA WARTA  ini adalah salah satu Program Rutin kami yang rencananya akan diterbitkan setiap 3 bulan sekali.  Harapannya dengan diterbitkannya Bulletin ini, seluruh Umat Katolik di Balikpapan mendapatkan pengetahuan dan share informasi yang sama dengan Umat yang mendengarkan GEMA WARTA melalui Siaran di Radio Gemaya 104.5FM. 

GEMA WARTA, behind the scene 

Siapa saja yang selama ini menjadi Host (pembawa acara) tiap Kamis malam jam 8-9? Anggota perdana GEMA WARTA hanya 10 orang dengan variasi perbedaan latar belakang, status, umur, pendidikan, Paroki dan bidang pekerjaannya. Kebanyakan dari mereka adalah anggota KOMKA, dan beberapa dari kalangan Eksekutif Muda Balikpapan. Siapa saja anggota kami, bisa dibaca lebih komplit di Bulletin ini halaman 8. 

Masa Depan GEMA WARTA 

Untuk jangka pendek, kami akan melakukan rekruitmen bagi Host baru, karena kami menyadari dengan kurang lebih 10 orang anggota yang kami miliki, kami masih sangat kekurangan tenaga. Saat ini kami sedang melakukan pembimbingan / training buat Host-host baru. Para Host yang boleh melakukan On-Air di Radio harus melalui Training lebih dahulu. Bagi Umat ataupun anda dari kelompok Kategorial tertentu yang ingin mewakili kelompoknya, silakan saja bergabung dengan kami untuk menjadi Host maupun untuk membantu dalam pembuatan Materi Talkshow dengan topik-topik khusus, silakan daftarkan diri anda dengan menulis email ke: gemawarta@radio.fm atau bisa langsung telpon ke Bagian Rekruitment, Pak Rocky di no telp 08561376663. Rencana lainnya adalah pembentukan Team khusus untuk Penasehat Program di tahun 2006 nanti. 

Terima kasih

GEMA WARTA ingin menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Pst. Kristianto, MSF dan Pak D. Tjipto yang telah membuka jalan kami pada awalnya, sehingga kami bisa exist di Balikpapan. Kami juga mau berterima kasih buat semua anggota GEMA WARTA, para Host, para Narasumber yang bersedia meluangkan waktu demi terlaksananya Siaran tiap hari Kamis malam dan tidak lupa kepada Pak Tonny Casiano dari Radio Gemaya yang telah memberikan kesempatan yang sangat baik ini kepada kami untuk dapat menggunakan slot 1 jam di Radio Gemaya. Semoga Tuhan membalas budi baik Bapak/Ibu sekalian. Juga tidak lupa bagi seluruh Umat Katolik di Balikpapan yang telah mendukung dan dengan setia mendengarkan siaran kami, semoga tetap setia dan dapat berpartisipasi selalu melalui sms yang kami buka tiap kali kami On-Air.  Mohon dukungan dari seluruh Umat  Katolik agar GEMA WARTA dapat tetap exist di Balikpapan. Semoga Tuhan memberkati kita semuanya. (csw) 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: