Narasumber

YosefKristianto.jpg

Terbitnya Buletin Gema Warta pantas disambut dengan gembira. Buletin ini selain akan menambah jumlah bacaan bagi umat Katolik di Balikpapan juga akan menjadi media komunikasi dan informasi yang  bermutu. Lebih dari itu, media inipun bisa menjadi sarana pewartaan kabar gembira Injil. Diharapkan Buletin ini menambah pengetahuan dan memperluas cakrawala pandang bagi kita sekalian.
Kepada segenap staf redaksi saya mengucapkan selamat atas terbitnya Buletin ini. Semoga “Gema Warta” disambut dengan baik ditengah – tengah umat.
(Pastor Josef Kristianto, MSF)

  DominikusTjipto.jpg

Komunikasi adalah bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Komunikasi kepada sesama maupun kepada Tuhan dan dengan kehidupan serta benda disekitar kita tak dapat terpisahkan. Maka, kita juga dapat menginterpretasikan lambang salib kita, keatas vertikal adalah kehidupan komunikasi dengan Tuhan, makanya harus diutamakan. Horizontal, adalah lambang hubungan kita dengan sesama manusia, mestinya sejajar, setara, tinggi rendahnya sama dengan kita. Sedangkan kebawah, kehidupan dengan kebendaan.

Salib diberdirikan, bagian vertikal kebawah adalah support. Harta benda, keduniawian adalah support bagi kehidupan. Sedangkan kesamping kebersamaan, kesetaraan dan  keatas hubungannya dengan Tuhan. Kalau ada pertanyaan, kalau salib digantung? Digantung , itulah kita mengikatkan diri kepada Tuhan karena percaya, makanya kita menggantungkannya, Dari situlah kita sebagai bagian yang datar tadi kita tergantung kepada bagian yang vertikal, yaitu hubungan dengan Tuhan.  Saya belum pernah melihat salib dipasang di bagian yang horizontal. Adakah yang sudah pernah melihat dipasang di bagian kiri dan kanan?

Keatas, kebawah, serta kesamping adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Dalam kehidupan kita, manusia yang hidup sebagai individu individu, pribadi pribadi yang terlepas satu sama lain, harus disatukan dengan komunikasi antar individu / pribadi. banyak cara dapat dilakukan.
Gemawarta, adalah salah satu cara membentuk komunikasi tadi, secara vertikal dan  horizontal. Sesekali bicara soal kehidupan keimanan,
sesekali tentang kasih. Gemawarta telah ambil bagian disini, dengan komunikasi demikian telah menyatukan dan mewarnai Salib kita.
Selamat kepada Team Gemawarta, khususnya untuk natal ini, semoga kehidupan kita selalu diperbarui dengan KasihNya, setiap nafas
kehidupan kita. Semoga pula apa yang kita lakukan, persembahan tubuh dan kehidupan kita, dapat menjadi berkat kehidupan bagi sesama kita.

(Dominicus TJIPTO Katpardiatmo)

 Yohanika.jpg

Kesan positif dan kegiatan perlu dilanjutkan, karena umat merasa dibantu dalam membuka cakrawal kekatolikan. Seringkali ditemukan pengetahuan Katolik dari orang yang dibaptis sejak bayi biasanya kurang. Kritik dari umat yang disampaikan melalui Sr: kadang pewawancara (PIC) kurang serius dan masih terlihat santai, padahal temanya serius. PIC jangan banyak ngobrol karena waktu terbatas
(Sr. Yohanika, MASF)

TeddyAer.jpg

Menurut Saya, Program Gemawarta adalah program yang “ Berani dan Uptodate”, karena Pertama: Kegiatan ini berani berperan serta dalam pewartaan dengan menggunakan media komunikasi  (Radio) yang sesuai dengan konteks jaman (uptodate). Cara ini sebenarnya sangat didorong oleh Gereja. PausYP II sendiri mendorong penggunaan media komunikasi untuk pewartaan (Dokumen Intemirifica – ensiklik tentang penggunaan media)
Kedua:Berani dan up todate dalam mengambil  dan mengangkat tema siaran yang pada satu sisi, tema tersebut perlu diketahui umat, tapi disisi yang lain kadang tema tersebut kadang dikubur, dilupakan, dijauhi atau mengandung kontradiksi (misal: sospol, WKRI )
Ketiga: Berani dan up todate karena yang mengambil inisiatif dan menggerakkan kegiatan ini adalah orang muda yang bukan berasal dari strukturel gerejawi. Gereja sebenarnya membutuhkan keberanian umat untuk mengambil inisiatif dan memulai gerakan dalam usaha mengembangkan gereja itu sendiri

PESAN:
Beranilah untuk memegang idealisme yang ada dan teruslah berkarya dalam mewujudkan idealisme tersebut sejauh mungkin dan selama mungkin.
(Pastor Teddy Aer, MSF)

AnnaAryati.jpg

Bersyukur kepada Tuhan Yesus atas terselenggaranya proyek ini, melalui Gema Warta “Pewartaan” akan Tuhan semakin digalakkan, ditingkatkan dan dilestarikan. Saya dan semua pihak akan berusaha lebih fokus dan berusaha lebih sungguh untuk Pekerjaan Rohani Tuhan. “Kru” sudah solid. Orang-orangnya memang sangat komit dan loyal untuk suksesnya Gema Warta.
(Anna Aryati)

EricGasper.jpg

Siaran Gema Warta di Radio Gemaya bisa menjadi sarana informasi dua arah,Baik dari Gereja kepada umat maupun sebaliknya" (Tergantung Topic)
Kalau boleh ditingkatkan menjadi 2 X dlm seminggu, jam siaran terserah penyelenggara.
(Eric Gasper)

JimmyYapianto.jpg

Gema Warta adalah  satu-satunya siaran radio yang memberikan penyiaran tentang agama Katolik di Balikpapan, karena itu kita harus mendukung kelangsungan penyiaran ini  sebab ini suatu kabar gembira dalam pembinaan iman umat dan perluasan wawasan para pendengar tentang apa itu umat Katolik dan bagaimana cara beribadah kita, termasuk hubungan antar umat dengan Paus sebagai pemimpin tertinggi serta perayaan hari raya, penghormatan pada Tuhan dan orang Kudus, dll. Kami menghimbau agar seluruh umat Katolik dan Kristiani senantiasa menyimak acara siaran ini karena selain satu-satunya, juga membantu kita dalam mendalami agama kita, lebih mengenal dan menjadi sumber segala kekuatan kita dalam berkarya.
(Jimmy Yapianto)

 

Iklan

6 responses

5 08 2006
soraya cuthbert-meyer

Dear Jimmy Yapianto,

Apakah anda yang pernah tinggal di Jl.Veteran lr.146 ? dahulu ?
Apakah saudara Jimmy punya email sendiri ? Saya ingin mengontak anda tapi tak tahu alamat email anda.

Salam untuk seluruh keluarga Yapianto,

Semoga Tuhan berkati,

Tolong saya dihubungi dengan email ini (edited by gemawarta)

30 08 2006
Yuliana MInarti

Hallo Mbak Anna …. gimana kabarnya…. semoga baik dan dalam lindungan Tuhan Yesus Kristus. Semoga masih ingat aku deh…
Apa Mbak Anna istrinya P, Mikael Raga?
Aku Yuli yang sekarang di Surabaya, aku dulu adik kelasnya Kak Anna. Semoga masih ingat dengan aku… Salam Damai Tuhan ya….

1 10 2006
Jenny Oppitz

Hallo Gemawarta,

Titip Salam untuk warga MASF,

tentunya kalian kenal dengan Suster Creszensia yg sekarang kembali hidup diJerman.
Kami disini senang sekali bisa berkenalan dgn Sr. Creszensia dimana ia sering datang kemisa kudus kami MKIF( Masyarakat Katolik Indonesia di Frankfurt).

Salam Damai

Jenny Oppitz

4 10 2006
gemawarta

Hi Jenny dan Yuliana,

Salam Damai juga dari kami. Salam kalian telah kami sampaikan. Terima kasih sudah mampir di website kami.

16 02 2007
yanti juntak

pak/bu,saya minta tolong krm artikel ilmiah ttg hidup selibat donk. penting untuk skripsi saya. makasih byk ya.Tuhan memberkati

1 03 2010
samuel krismanto

Mohnon informasi contact baik e-mail atau no telp yang bisa di hubungi narasumber seminanar kain kafan dari turin atau Pastor Gabiele Antonelli, CP Lic Theol

thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: