Puasa dalam Agama Kristen

2 03 2006

Apakah tujuannya kita berpuasa?
1. Untuk merendahkan diri di hadapan Allah
2. Untuk menyatakan rasa kasih kita kepada Tuhan Yesus
3. Untuk mendisiplinkan tubuh kita dari keinginan duniawi, salah satu cara untuk menyangkal diri.
4. Untuk menambah rasa simpati kepada sesama, agar bisa merasakan penderitaan orang lain.
5. Untuk meminta jawaban Tuhan atas permasalahan kita.
6. Untuk mengusir jenis setan tertentu yang hanya bisa diusir dengan doa puasa.

Apakah dalam Agama Kristen ada yang namanya Puasa?
Agama Kristen Protestan tidak mewajibkan untuk berpuasa, sedangkan Kristen Katolik mewajibkan untuk berpuasa pada masa pra-paskah.

Bagaimana cara kita berpuasa?
Terserah pribadi masing-masing. Tentukan sendiri jangka waktunya: 8 jam, 1 hari, 1 hari 1 malam, 3 hari, 7 hari, 40 hari, dst. Tentukan jenis puasanya: hanya makan sayur, tidak makan, tidak makan dan tidak minum, atau puasa kebiasaan jelek seperti ; tidak merokok, tidak berjudi, dll.Perbanyak jam doa, pujian penyembahan dan baca Alkitab spy lebih efektif.

Apakah Tuhan Yesus mengajarkan agar kita berpuasa?
Ya, Yesus mengajarkan agar murid-muridNya untuk berpuasa. Tuhan Yesus berkata: “Dan apabila kamu berpuasa,…” (Mat 6:16). Kata apabila artinya adalah sebagai orang Kristen, pada suatu saat kita akan berpuasa. Hanya waktunya sebaiknya tidak diwajibkan oleh agama, karena niat berpuasa timbul dari masing-masing pribadi.

Apa yang Yesus ajarkan ketika kita berpuasa?
Sedapat mungkin agar tidak ada orang lain yang tahu jika kita berpuasa. Biar hanya Tuhan yang tahu dan memberi upah kepada kita. Oleh karena itu agama Kristen tidak mewajibkan waktu puasa.

Mengapa murid-murid Yesus tidak berpuasa ketika Ia bersama mereka?
Karena puasa adalah untuk menunjukkan kepada Allah, sedangkan Yesus adalah Imanuel (=Allah beserta kita).

Untuk apa berpuasa jika Allah sudah ada di tengah-tengah mereka?
Yesus telah menjelaskan dalam Mat 9:15. Yesus juga menerangkan lewat perumpamaan bahwa puasa dalam Perjanjian Lama berbeda dengan puasa dalam Perjanjian Baru. (Mat 9:16-17).

Apakah bedanya puasa dalam PL dan PB?
Puasa dalam PL yang dilakukan secara rutin oleh bangsa Israel adalah untuk menantikan kedatangan Mesias, Penyelamat bangsa Israel yang dijanjikan dalam kitab Taurat dan kitab para nabi. Sedangkan dalam PB, Mesias telah datang dan berkarya. Artinya Keselamatan sudah datang, dan kita berpuasa untuk menjaga keselamatan yang sudah kita miliki.

Apakah ada niat puasa selain jawaban diatas?
Ya, seperti Musa dan Elia, mereka berpuasa karena memang Tuhan memberikan kekuatan untuk bersekutu secara intim dengan Tuhan, sehingga mereka tidak merasa lapar dan haus, seperti keadaan di sorga. Lainnya untuk situasi yang mendesak, untuk meminta belas kasihan dati Tuhan, untuk meminta agar Tuhan bertindak dalam masalah kehidupan kita, untuk meminta kekuatan Allah dalam pelayanan.

Apa saja puasa yang tercatat dalam PL?
1. Puasa Musa, 40 hari 40 malam tidak makan dan tidak minum (Kel 24:16 dan Kel 34:28)
2. Puasa Daud, tidak makan dan semalaman berbaring di tanah (2 Sam 12:16)
3. Puasa Elia, 40 hari 40 malam berjalan kaki (1 Raj 19:8)
4. Puasa Ester, 3 hari 3 malam tidak makan dan tidak minum (Est 4:16)
5. Puasa Ayub, 7 hari 7 malam tidak bersuara (2:13)
6. Puasa Daniel, 10 hari hanya makan sayur dan minum air putih (Dan 1:12), doa dan puasa (Dan 9:3), berkabung selama 21 hari (Dan 10:2)
7. Puasa Yunus, 3 hari 3 malam dalam perut ikan (Yunus 1:17)
8. Puasa Niniwe, 40 hari 40 malam tidak makan, tidak minum dan tidak berbuat jahat (Yunus 3:7)

Apa saja puasa yang tercatat dalam PB?
1. Puasa Yesus, 40 hari 40 malam tidak makan (Mat 4:2)
2. Puasa Yohanes pembabtis, tidak makan dan tidak minum (Mat 11:18)
3. Puasa Paulus, 3 hari 3 malam tidak makan, tidak minum dan tidak melihat (Kis 9:9)
4. Puasa Jemaat mula-mula, untuk menguatkan Paulus dan Barnabas dalam pelayanan (Kis 13:2-3)

Selamat berpuasa!Tuhan Yesus memberkati.

About these ads

Aksi

Information

94 tanggapan

4 12 2006
cliff rogers m

saya merasa terberkati dengan adanya artikel ini. karena saya sudah cukup lama mencari informasi tentang bagaimana cara berpuasa yang benar. mudah2an dengan informasi ini hubungan saya dengan Tuhan dapat di pulihkan.saat ini saya sedang menghadapi begitu banyak permasalahan yang datang beruntun dalam tahun ini.dan saya benar2 goyah.saya minta tolong agar saudara2 membawa saya dalam doa. trima kasih. semoga Tuhan Yesus memberkati pelayanan saudara2.

19 12 2006
Silka

Hai Mr. Cliff Rogers, Puji Tuhan apabila ada lawatan yang hadir di hidup anda karena artikel di web Gema Warta ini. Kiranya hidup kita semua makin diberkati Tuhan serta dibimbingNya selalu. Amin.

30 12 2006
Corney Jay

Terima kasih atas info ini. Saya juga sering melakukan puasa. Dan apa yang diungkapkan di atas terjadi dalam hidup saya.

12 01 2007
Widiyanto

Puji Tuhan, kiranya kasih Tuhan yang telah menuntun saya untuk membuka website ini sehingga saya sekarang tahu apa makna berpuasa bagi orang Kristen, Terima kasih Mr.Cliff Rogers atas artikel ini,karena saya sering berpuasa tetapi kurang memahami dalam hal berpuasa bagi umat Kristen, tetapi semua yang diungkapkan diatas sering terjadi dalam kehidupan saya dan saya sanagt terbekatin atas artikel ini. salam kasih Kristus dari saya Widi

8 10 2010
Putranto

puasa untuk prihatin untuk bangsa dan negara khususnya dlm kondisi yang semakin sulit. untuk pribadi sedang mencari kerja yang memang saya butuhkan.

14 01 2007
perdy

kenapa tuhan yesus itu/tuhan orang kristen benda yang mereka buat sendiri apakah tuhan yang seharusnya yang menciptakan manusia tapi malah manusia yang menciptakan tuhannya sendiri begok juga yaaaa

14 01 2010
mia

Diberkatilah engkau

21 04 2010
raraz

God Bless You

10 08 2010
yosep

kiranya Tuhan memberi jalan terang bagimu dan di bukakan mata rohanimu tentang kebenaran

16 06 2011
kiki

puji syukur kepada Tuhan .
Ya Tuhan ampunilah orang2 yang tidak mengerti akan Engkau karena mereka tidak tau apa yang telah mereka perbuat .
Amin .
gbu .

1 07 2011
tiara

God Bless U

27 01 2007
DANIEL CHRISTIAN ELIAS

Aku bersyukur banget bisa membaca artikel ini,sehingga aku bisa tahu lebih banyak tenatng hal berpuasa dan aku bisa tahu macam-macam puasa,so aku sangat diberkati sekali dengan hadirnya artikel ini,salam damai sejahtera buat yang membuat artikel ini,ada bagusnya artikel yang lain dimuat juga tetapi mengenai hal-2 yang terbaru,thanks .GOD BLEES YOU

5 04 2007
Trisna

Terimakasih infonya,ini sangat bermanfaat buat saya pribadi,semoga juga bermanfaat buat orang lain.JBU

13 04 2007
sony panca

syalom…
saya mau konsultasi tentang puasa.
saya ingin melakukan puasa daniel. puasa daniel adalah tidak boleh makan daging, minum anggur dan makan makanan yang enak.apalagi kita sudah dimanja dengan banyaknya jenis makanan yang enak yang di olah dengan sedemikian rupa.misalnya saja, tahu dan tempe. emang kalau tahu dan tempe kita makan dengan begitu saja, tidaklah terlalu enak (itu tergantung orang yang memakannya), tapi jika tahu itu di olah sedemikian rupa seperti tempe mendoan, kupat tahu,dan lain-lain, itu sudah menjadi makanan enak.
saya hanya bingung, kategori makanan enak pada masa sekarang pastilah berbeda sekali dengan pada masa daniel yang di alkitab.
jadi apakah yang seharusnya saya makan sehingga saya bisa melakukan puasa daniel dengan benar?.
terima kasih atas sarannya.
Tuhan memberkati kita.
Amin.

10 08 2010
yosep

yang dimaksud jenis makanan yg enak tidak seperti jamannya daniel tetapi makanan yang kamu paling sukai sehari-harinya umpama saja makan daging kamu tiap hari jarang makan karena tidak suka kalo puasa tidak makan daging ya percuma apalagi larangan pantangan suatu penyakit tidak boleh makan daging ya tidak bereguna donk. itu yang saya tahu terima kasih Tuhan memberkati

10 07 2007
St. Dominikus

puasa dan pantang hampir sama atau sama?

27 07 2007
Rasmi

Rasmi,

Terkadang saya puasa ketika saya mengucap syukur atas sesuatu yang sudah saya terima, dengan rasa ucapan syukur saya selalu berdoa dan membaca firmanNya, dan ketika saya sedang menghadapi masalah yang saya sendiri tidak bisa selesaikan saya selalu berpuasa, menyerahkan otoritas Tuhan bekerja dalam hidup saya, dan nyatanya Tuhan menjawab doa saya dan pertolongannya selalu tepat pasda waktunya, saya senang sekali bisa bergabung dalam rubrik ini, saya perlu katakan puasa itu pentingbagi perkembangan iman rohani kita apabila puasa itu kita jalannkan sesuai dengan kehendak Tuhan, menahan segalanya, ketika saya berpuasa emosi-emosi di hati saya selalu tinggi saya belajar untuk mengendalikannya, buat saudara-saudara yang ada di rubrik ini apabila anda sedang berpuasa coba baca Yesaya 58 : 1-12, disitu anda akan diajarkan makna puasa dan apa yang anda lakukan ketika anda sedang berpuasa,

Tuhan Memberkati,

29 09 2011
rudy

semoga semakin banyak orang yang berpuasa sehingga menjadikan kita sama seperti Kristus.

1 08 2007
Helena

Thx alot buat artikelnya. Sangat memberkati kami yang kadang salah dalam mengartikan maupun mempraktekkan PUASA. Sekarang udah jadi clear…God bless Us..

18 09 2007
rhasel

kasihan yah, si Iwan Ruhdi… udah punya agama sendiri, eh malah ngajak-ngajak. hehehe, kepercayaan mutlak HANYA UNTUK ALLAH, Tidak bisa dirubah-rubah. lebih baik iwan az yang pindah kiblat.

24 09 2007
elia

doa puasa menurut saya adalah supaya Kemulian Tuhan terjadi dalam kehidupan kita, kehidupan kita mencerminkan kasih ALLAH

16 10 2007
Kristian Fonataba

Saya sangat bersyukur dengan info tentang puasa di website ini karena sebelumnya pengetahuan saya terbatas tentang puasa tapi saat ini saya baru tahu tentang puasa secara jelas, terimakasih infonya Tuhan Yesus Memberkati pelayanan ini, Imanuel

24 10 2007
DIAKON TUAN KOPONG MSF

Puasa itu apa? Atau apa itu Puasa? Untuk menjawab kebingungan di atas saya justru kembali mengajukan pertanyaan ini.
Dan soal Allah Tritunggal, jelas tidak bisa dimodulasikan, tapi kita melihatnya dalam relasi kasih dan cinta dalam kerangka karya keselamatan Allah.
Di Perusahaan ada yang namanya, Direktur, ada yang namanya Manajer Pelaksana dan semua terlaksana kalao ada sumber Finansial.Bermacam peran dan sebutan ini tetap berada dalam kesatuan relasional. Itulah contoh yang dapat direnungkan.
Saya adalah Frater. Nama saya Yohanes Kopong. Dalam kehidupan sehari-hari, ada yang memanggil saya Frater, ada juga Yohanes, ada juga yang memanggilku Kopong, tapi keberadaan eksistensialku hanya satu pribadi yang ada meski disapa dengan berbagai sapaan. Bacalah buku ALLAH PERSEKUTUAN, TULISAN LEONARDO DE BOFF.
TRIMS

29 10 2007
Nadya

Kenapa sih kita masih aja memperdebatkan agama??? Saling menyalahkan dan mengeksklusifkan agama masing-masing. kalo kamu menganggap kalo agama kamu paling benar, imanilah itu…

Semua agama dan kepercayaan di dunia ini mengakui akan keberadaan Allah, meskipun cara mengartikan siapa Allah itu berbeda-beda.

Ada yang percaya kepada banyak Allah (politeisme), alam semesta/ benda adalah satu-satunya Allah (materialisme), semua bisa menjadi Allah (panteisme) dan juga ada pandangan yang menyatakan bahwa Allah setelah menciptakan alam semesta ini pergi meninggalkan alam semesta ini bergerak sendiri/ Allah sangat jauh dari manusia (deisme).

.
KEESAAN DAN KETRITUNGGALAN ALLAH

Alkitab tidak mengajarkan tentang tiga Allah. Tudingan orang-orang dari agama Islam khususnya yang menyatakan bahwa orang Kristen percaya tiga Allah tidaklah benar. Kita percaya kepada satu Allah (Ulangan 6:4; 4:35; 32:19; Yesaya 45:14; Keluaran 20:3).

Dalam Perjanjian Lama kita dapat menemukan ayat-ayat yang memberi pengertian bahwa Allah yang kita percaya itu bersifat jamak (Kejadian 1:6; 3:22; 11:7; Yesaya 6:8). Jamak yang dimaksud adalah bahwa Allah itu terdiri dari pribadi-pribadi (pribadi artinya keberadaan yang penting).

Seperti Perjanjian Lama, Perjanjian Baru juga menekankan bahwa hanya ada satu Allah yang benar (1 Korintus 8:4-6; Efesus 4:3-6; Yakobus 2:19). Allah yang satu dan benar itu menyatakan diri dalam tiga pribadi sebagai Bapa, Anak/ Yesus Kristus dan Roh Kudus. Bapa adalah Allah (Yohanes 6:27; 1 Petrus 1:2), Yesus Kristus adalah Allah (Kolose 1:17; Yohanes 1:3; Matius 28:18-20), Roh Kudus adalah Allah (Kisah para Rasul 5:3-4; 1 Korintus 2:10; 6:19). Ketritunggalan dari Allah dinyatakan dalam Matius 28:19; 3:16-17 dan 2 Korintus 13:14.

Pikiran manusia yang sangat terbatas akan sulit untuk menjelaskan arti dari keesaan dan ketritunggalan Allah. Ada yang menjelaskan bahwa Allah itu satu dan sama dalam hakikatNya tetapi berbeda dalam pribadiNya. Gambaran yang bisa diberikan untuk menjelaskan tentang tritunggal adalah air, dimana jika suhu berubah, air dapat menjadi padat (es), uap dan cair. Semuanya air, meskipun berlainan sebagai es, uap dan cair.

Jangan pernah sembarangan ngutip ayat Alkitab. Kalo nggak ngerti. ikutan PA aja…di kampus, sekolah atau Gereja…nanya orang yang mengerti biar lebih jelas biar ga ada lagi kesalahpahaman itu..okey…
Siapa pun kamu yang baca ini, mau dia Kristen dan di luar Kristen, Tuhan memberkati kamu sekalian

3 11 2007
gemawarta

Kami berharap rekan-rekan non-Katolik dapat mengerti bahwa blog ini bernuansa Katolik dan tidak memaksakan dogma imannya sendiri dalam perbincangan di sini. Terima kasih untuk perhatiannya.

14 12 2007
gita

puji tuhan.saya sangat merasa sangat diberkati.karena sebelumnya saya tidak mengetahui apa arti puasa yang sebenarnya.saya sangat bersyukur.

9 04 2008
hans kazama

puji Tuhan. terima kasih untuk info puasa nya, saya setuju sekali dengan saudara nadya, apa pun yg terjadi apa pun kata mereka, tetap harus cinta yesus
tetap percaya. karena memang sudah dikatakan Nya. kita domba di tengah2 serigala. dan ada jalan yang disangka benar tapi ujung nya adalah MAUT.

17 05 2008
me3

hanya saja salahkah qta berpuasa demi pengabulan doa??
bagaiman dengan ukuran usia??
saya ingin sekali berpuasa tapi taq bs bersembunyi dr org tua..
pdhl kn Tuhan bilang ga bole ada yg tau..
jd sampai skrg niat puasa nah blum kesampean dah..

17 05 2008
THE NETRALLISM

untuk PETRUS.
1. Tuhan nya ISLAM & KRISTEN tuh sama yaitu yg disembah NABI ABRAHAM atau IBRAHIM yang dlm ajaran KRISTEN yaitu YESUS KRISTUS.
2. Agama tdk menyelamatkan tetapi Allah Yang disembah Abraham yang mnyelamatkan jadi jgn memvonis agama lainnya. Tatkala anda membandingkan dan memvonis suatu agama maka anda sdh berdosa.
3. Anda mrsa bingung krn anda pake akal anda sndiri tanpa meminta tuntunan Roh Tuhan.
4.Tulisan anda sdg menyiksa Tuhan Yesus namun ketahuilah Dia sangat mengasihi Anda !.

25 06 2010
fera fristika

setuju banget ne….

27 05 2011
juliana

amin… setuju skali….

9 01 2012
Emry

Betuuuullll, setuju…..kasihilah sesamamu seperti kamu mengasihi dirimu sendiri, hormatilah sesamamu seperti kamu menghormati dirimu sendiri….

17 05 2008
THE NETRALLISM

Terimkasih buat Mr.Cliff Rogers atas artikel ini, sy sangat bersyukur pd Tuhan Yesus krn saat membaca artikel ini sy sdg belajar berpuasa, sy mrasa sangat diberkati dgn artikel ini. Sy akan mengirimkan artikel ini kpd tmanx sy agar menjadi berkat jg buat mreka. Tuhan Yesus kiranya memberkati Mr.Cliff Rogers dan tim serta kelurganya masing-masing.

KRISTEN DAN ISLAM BERHENTILAH BERDEBAT, BERHENTILAH BERSETERU, SEMAKIN KITA BERSETERU MAKA ALLAH SEMAKIN BERSEDIH. BERSATULAH SEBAB ALLAH KALIAN SAMA … !!! YAITU ALLAH YANG DISEMBAH NABI ABRAHAM …!!!

STOP BERDEBAT YANG TIDAK SEHAT …!!!. TUHAN YESUS MEMBERKATI DAN MENGASIHI KITA SEMUA. AMIN

17 05 2008
THE NETRALLISM

ISLAM DAN KRISTEN … STOP …!!! STOP …!!! JANGAN BERTENGKAR LAGI …!!!. ANDA LIHAT NEGARA KITA SKRG INI …!!!. PORAK-PORANDA …!!!. BERSATULAH SEMUA …!!!. MARI MEMBANGUN NEGARA KITA …!!!. JANGAN LAGI PERDEBATKAN SOAL AGAMA INI DAN AGAMA ITU ../.. PERBEDAAN YG ADA JGN JADI KOMODITAS UTK BERSETERU. BERSATULAH … BERSATULAH …AKH.. AKH … AKH …
AKU SDH LELAH MENYERUKAN HAL INI …!!!. SIAPAKAH YANG MAU MELANJUTKAN SERUAN KU UNTUK MEREDAM PERTENGKARAN INI …. ???!!!.

JAYALAH NEGERI KU, DAMAILAH INDONESIA KU …!!!

19 06 2008
vr2praise

Shallom semuanya,
Bagi kita yg memiliki Allah yg hidup, yg sdh rela berkorban di atas kayu salib, ayo kita saling mengasihi sekalipun dengan musuh kita. Karena musuh kita bukan darah & daging tapi roh-roh di udara.
Utk mengerti ttg Allah kita yaitu Yesus Kristus memang tidaklah mudah. Membutuhkan dasar kasih utk mempelajarinya terutama bagi org2 yg belum mengenal Yesus dlm hidupnya. Shg setiap perbedaan & ketdk mengertian itu tdk menjd suatu alasan utk berdebat & berselisih paham yg akhirnya saling membenci.
Krn kita adlh manusia dgn segala keterbatasan yg ada, tdk mampu memahami Pencipta kita. Oleh krn itu org2 yg di beri IMAN Percaya, akan percaya tanpa melihat. Sdgkan bagi yg belum percaya, membutuhkan kasih karunia utk bisa mengerti.
Mintalah kepada Yesus, agar diberi pengertian mengenai apa yg menjd pertanyaanmu mengenai DIA, dgn rendah hati & lembut hati.
Yesus yg mengasihi semua orang, akan memberi pengertian itu, mungkin melalui buku2 yg dibaca, Hamba Nya atau melalui seseorang yg dipertemukan utk menjawab setiap pertanyaan mu.
Ayo, Tuhan Yesus sangat mengasihi anda, saya & semua orang.

19 06 2008
vr2praise

Shallom,

Betul!! Agama tdk menyelamatkan, krn agama adl suatu faham/kepercayaan tertentu yg dibuat utk mengalokasikan sekumpulan org2 dgn faham yg sama. Dan semua itu dibuat oleh manusia.
Yg terpenting atau inti dr semua itu adalah apa yg ada dlm hati seseorang. Keyakinan org tsb mengenai faham atau iman yg dia percayai. Kepercayaan nya thdp Tuhan nya. Bgmn seseorang itu menjalankan imannya.
Jd, cobalah utk lbh dalam lg memahami arti dr iman yg dipercayai, apakah yakin memberikan jaminan Keselamatan?
Krn, manusia hidup dgn batasan umur, selagi msh ada wkt, kita mencoba utk mengerti & memahami lbh dlm mengenai iman kita shg pd saatnya nanti, kita beroleh Keselamatan yaitu Kehidupan Kekal di Surga.

30 06 2008
saputra

Terimakasih atas artikel puasanya, karna saya jadi mengetahui arti dan tujuan berpuasa saya dari sebelumnya hanya “meniatkan diri”berpuasa tanpa tahu jel;as apa Tujuan puasa tersebut,& Puji Tuhan saat ini saya sedang menjalankan salah satu dari puasa2 yang disebutkan diatas..,
tentang Saudara2 yang diluar “Nasrani” trimakasih atas komentar2nya, tetapi apakah akan lebih bijaksana bilamana anda “mendalami” apa yang anda percaya..daripada “berpolemik” atas kepercayaan orang lain?..,GBU

7 08 2008
Option

Saya sangat menyayangkan banyak pihak yang selalu tiap hari berdebat hanya masalah satu ini, bagi saya yang terpenting dan perlu dipahami oleh banyak pihak, lihat diri kalian masing”, jangan membuat opini atau argumen yang sebenarnya hanya didasari karena anda ikut-ikutan saja…kalian satu ALLAH, kalian dari satu BAPAK, ABRAHAM….sangat disayangkan juga ternyata yang menganggap dirinya baik, paling benar, dia sendiri yang bikin ulah dan permasalahan menjadi ribet…..coba kalian pahami prinsip kalian masing” dahulu….intinya jangan sok suci……maaf bagi yang tersinggung langsung reply ke email saya saja….saya akan tanggapi komentar anda…..saya adalah orang yang paling gak suka dengan orang” yang sudah mungkar, munafik, trus sok suci di depan orang…..GBU

14 08 2008
ratna

Syalom,
Terima kasih unuk artiklenya.
Saya makin mengerti ttg puasa.
Saya pernah berpuasa tapi belum sepenuh Daniel.
Tapi saya sangat bersukacita. Terasa ada kekuatan Tuhan untuk
membantu saya berpuasa. Saya dituntun untuk membaca dan
mendapatkan ayat2 alkitab.
Tuhan Yesus itu HIDUP, dalam segala hal, Dia akan bersama kita
bila kita memintanya dan mengikuti ajaranNya.
Tidak ada dendam, kebencian, iri dan pikiran kejahatan
bila bersama denganNya.
Salam,
Ratna

3 09 2008
sulaiman

Terima kasih atas info puasanya yang cukup lengkap, apakah bangsa israel diwajibkan berpuasa?, (menurut aku sih semua umat dari jamannya nabi-nabi terdahulu diwajibkan berpuasa) bagaimana tata cara bangsa israel berpuasa?

25 09 2008
Vien

Terimakasih, artikel ini sangat membantu saya dan saya merasa terberkati.
Saya juga ingin menambahkan bahwa Tuhan Yesus Kristus yang kita sembah adalah Kasih, Kristus yg kita kenal tidak pernah menghujat ataupun menghakimi orang lain. Karena itu kita sebagai anggota Tubuh Kristus tidaklah seharusnya mengeluarkan kalimat2 hujatan, hinaan, penghakimiman ataupun merendahkan orang lain sekalipun musuh kita (dalam hal ini mungkin bukan kawan seiman kita). Doakan setiap orang yg menghina dan menghujat Kristus agar dibukakan Mata Rohani nya oleh Roh Kudus tentang arti KASIH yang sebenarnya.

Bagi siapa saja artikel ini tidak berkenan, sebaiknya mampu menghargai ke-IMAN-an orang lain terhadap TUHAN yang dia sembah.
Semoga Kasih Allah Bapa menyertai kita semua.

Tuhan Yesus Memberkati.

3 12 2008
NICO

ak nico ak mulai puasa itu cuma hanya minta mujizat sama tuhan itu boleh apa tidakkk????? ak minta permintaan ama tuhan supaya ak lulus CPNS itu dengan cara berdoa dan berpuasa itu baik atau tidak????????? Thanks y GBU

9 06 2009
jco

Terima kasih banyak ya…ini yg sangat saya butuhkan…..selama ini saya mencari jawaban tentang puasa menurut kristern dan menemukan jawabannya dalam situs ini terima kasih sekali lagi Tuhan Yesus memberkati

30 08 2009
benqnzm

Mengapa murid-murid Yesus tidak berpuasa ketika Ia bersama mereka?
Karena puasa adalah untuk menunjukkan kepada Allah, sedangkan Yesus adalah Imanuel (=Allah beserta kita).

maaf ingin bertanya :
saya tidak faham tentang ini.
Allah berserta kita, mereka tidak b’puasa kerana ada nya Yesus. tetapi mereka bukan seperti Yesus, jadi mereka juga patut merasa kan penderitaan org lain juga..kan?

12 09 2009
hengki

Dear Mr…
Sy sangat berterima ksh buat infonya, sbnrnya sy sdh lama ingin menjalankan puasa tp blm ada paduannya.smga ini bs menjad mskan bg saya dalam menjalankan puasa kedepannya.

Thanks GBU…

Hengki

12 09 2009
Maryanto

Aku ingin mengetahui puasa menurut iman kristen lebih banyak. Karena saat ini aku baru mengerjakan skripsi tentang puasa.

14 09 2009
lia

tolong infonya untuk menjadi pengikut Allah, aku ingin jadi pengikutnya

28 09 2009
sisil

saya baru bergabung dalam gema warta. nama saya sisil salam kenal

30 09 2009
Message

kadang orang kristen menganggap bahwa dengan berpuasa maka doa yang di naikan ataupun pergumulan yang dihadapi akan segera di jawad b dan berakhir. Sebenarnya hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman dari orang Kristen sendiri. ini merupakan tanggungjawab para pemimpin rohani untuk memberikan pemahaman yang jelas dan tepat, sehingga orang kristen tidak salah kaprah dalam melaksanakan puasa

16 10 2009
juli

saya ingin berpuasa untk kesembuhan abang saya yg sdng skt…
bisa kan???

5 11 2009
Rafael

syalom….
Saya sedang mengikuti ujian penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Tetapi saya tidak PeDe dengan kemmpuan yang saya miliki. Meskipun saya sudah mempelajari berbagai macam referensi contoh soal, tetap saja saya tidak yakin dengan kemampuan saya. Kemudian ada seseorang yang menganjurkan saya untuk berpuasa dan memperbanya berdoa dan belajar. Saya bingung, bagaimana cara seorang kristen berpuasa. Dan disinilah saya temukan jawabannya. Tetapi apakah boleh kita berpuasa hanya karena kita menginginkan sesuatu dari Tuhan???
Thanks
Semga Tuhan memberkati kita….

15 11 2009
RHASEL

HALELUYA..

Semakin q baca akhirnya semakin q mengerti,, Trima Kasih
I Love Jesus

Untuk Petrus N Makael: Kalian tidak pernah mengerti dan akan selalu mengingkari Yesus,

Hal seperti ini saja kalian terlalu usil, hahaha
kalian pengacau tidak jelas, sebaiknya cepat berkaca diri..

Maaf Kami Laskar Yesus tidak pernah takut akan kematian yg kalian Buat atau Bom yg seperti itu.

17 11 2009
MR.Greg

Kl menurut saya puasa itu PENGUASAAN DIRI,
Bukan cuma menahan LAPAR, tp jg EMOSI, NAFSU,PERKATAAN, PIKIRAN, PERBUATAN.
Perbedaan ajaran agama Kristen, Islam, Budha atau Hindu, itu adalah keanekaragaman yg harus kita hormati.
Jangan mau dipecah belah oleh bangsa lain seperti Malaysia, yg akhir2 ini dgn dalil agama membuat negeri kita dirugikan.
Banyak Invesor asing, wisatawan domestik yg lebih memilih malaysia dibanding indonesia, dgn alasan tidak aman.
Saya menghibau kepada seluruh pemuka agama, baik Kristen, Islam, Budha, atau Hindu, jgn mencampur adukan ajaran agama dengan politik, suku, ras maupun golongan.
Bersatulah untuk membangun negara ini, bukannya malah ikutan bikin kerusuhan, keonaran, yg membuat negeri ini semakin terpuruk.
Pelajarilah Ajaran agama masing2, bukannya semua ajaran mengajarkan melakukan KEBAIKAN dan bukannya MEN’ZOLIMI sesama manusia.
Pada akhirnya semua orang pasti menghadap Pengadilan Tuhan/Allah, untuk mempertanggung jawabkan seluruh perbuatannya baik atau buruk.
Karena itu pikirkanlah terlebih dahulu sebelum kita bertindak atau berkata-kata.Pilih Sorga atau Neraka??? Semua tergantung anda…

27 01 2010
Ambrosius Mifa

Puji Tuhan jika kita bertemu dalam artikel ini, baca nama ini pasti anda tahu saya Katolik. Tentu kita punya dasar Alkitab yg sama. Gereja katolik mewajibkan umatnya agar berpuasa melalui surat gembala uskup setempat. dasar dan tujuannya sama seperti tertulis dalam artikel ini. Namun pada masa pra paskah dan masa persiapan Natal adalah bukan puasa total seperti yang dilakukan yesus dan para nabi. Gereja katolik dalam 5 perintah gerejanya dimana salah satunya menyebutnya berpantang . Jika seseorang memutuskan mengikuti pantang terhadap makanan , kebiasaan buruk tertentu harus ditaati secara sungguh dihadapan Tuhan. Dan bukan kepada manusia. Salam damai dalam yesus kristus.

4 03 2010
paulustambunan

puasa sesuau yang indah dalam hidup ini..doa puasa leih mendisplinkan hidup kita…

7 04 2010
christine pratini

Thx yah Gema Warta atas infonya.. Saya memang lg cari info ttg puasa Kristen..
Mudah2an dg puasa, doa puasa saya di dengar oleh Tuhan.. Semoga ini bs menjad mskan bg saya dalam menjalankan puasa kedepannya..

GBU all

25 05 2010
jamesaldo31

puasanya sih jarang tapi selalu ikut dalam doa puasanya saja.
kalau lagi mau puasa dan bener2 ada kerinduan mendalam. yahh saya puasa.
cuman gk terlalu sering.

oke salam kenal buat semuanya.
thx. blessing artikel.

teman2 silahkan mampir http://tipsbarudipercaya.blogspot.com/
christian blog and technology

6 08 2010
agus

slamat berpuasa. Jbu

9 08 2010
Sari artauli

Puji Tuhan…
Saiia senang bsa tw cara2 berpuasa,selama in saiia selalu mengganggap bhwa puasa it diet…
Trims y bwat redaktor website ini…
Ilmu kalian sngad berguna bg saya…
Tuhan memberkati!
Gbu

16 08 2010
Yayan

Saya Islam, Yg ak bingung bkn masalah prjian lama/baru/cara puasa org kristen tp kok mash ada org Islam yg ikut campur urusan kristen? Malah mengolok olok. Ingat firman Tuhan ‘bgiku agamaku, bgmu agamamu. Lbh baik kita urus agama masing2 smua sepakat kebenaran ga hrs dipaksakan

20 08 2010
Hartati

Saya butuh dukungan Doa saudara-saudara
saya dihadapkan dengan 2 pilihan yang betul2 sulit,,,,,

Saudaraku

21 08 2010
RIANTO

PUJI TUHAN,

trima kasi tuhan t’lah mengerakan saya untuk membuka situs ini,
skarang saya tau arti berpuasa,,,
mohon bantu doa, saudara agar saya dikutkan dlm sgala masala,,,

tuhan jesus memberkati,,,

21 08 2010
Ondi

Terima kasih atas penjelasan yang diberikan.

Saat ini saya sedang dalam pergumulan dalam hubungan saya dengan pasangan saya.
Saya merasakan ketakutan dan kecemasan dalam menjalani dan menyelesaikan masalah ini.
Selama ini saya masih bingung dengan cara berpuasa. Namun, setelah saya membaca tulisan saudara, saya telah mengerti cara berpuasa yang cocok untuk saya. Dan saya akan mencobanya.
Saya sungguh berterima kasih, karna telah membuka pikiran dan hati saya lewat tulisan artikel anda. Semoga saya dapat menjalaninya dengan baik dan mendapatkan jawaban dari permasalahan yang sedang saya alami.

Terima Kasih.
Semoga Tuhan Memberkati Kita Semua.

4 10 2010
Gregorian

Puasa, yg terpenting bukan tidak makan dan tidak minumnya saja.
Mencari wajah Tuhan dan bergumul sesering bersama Tuhan membuat puasa itu sendiri jauh lebih berarti.

17 11 2010
Ian

Syaloom! Salam kenal’
Puji Tuhan saya bisa mendapatkan penyegaran iman dan penguatan iman oleh artikel dan komentarnya semua. Semoga kasih Kristus selalu atas kita sekalian

Slm
Ian

24 11 2010
linda

ini hari pertama saya puasa
kerinduan saya begitu besar dan mendalam ingin dekat dengan hadirat TUHAN dan ingin memperbaiki diri saya untuk lebih berkenan di hadapanNYA…
smoga TUHAN YESUS memapukan saya untuk menjalankan puasa ini
Terima Kasih untuk artikel yang kiranya akan membantu saya…
TUHAN memberkati kita semua

8 12 2010
Chenly

Shalom_
Puji Tuhan,,,
terima kasih buat info di atas. Saya semakin lebih mengerti dan ingin terus berpuasa dengan sepenuh hati_
Haleluyah!!!

God bless us_

23 01 2011
duma

Puji Tuhan,,akhirny sy bisa mnemukan artikel ini.
Awalny sy brpikir puasa spy Tuhan bisa mngabulkan prmintaan sy,tpi stlh sy mbaca artikel ini, krinduaan sy u/ mngenal Bapa lbih dalam lagi.
Terima kasih atas artikelny dan Tuhan memberkati.

7 03 2011
putri yesus

Thx bwt infonya…^^

Puasa mematikan kedagingan dan hidup ddlm Roh___

Bukann puasa nmnya klo menahan lapar n haus tpi kedangingannya lebih besar dripd Rohnya .Gbu

16 04 2011
sahat.s

terima kasih bwt informasinya……
saya skarang mengerti arti puasa kristen itu bagaimana
semoga kita dapat melalukannya bkan dengan maksud spaya doa kita terkabul tetapi untuk menjaga keselamatan yang diberikan kepada kita yang dari tuhan…..
amin
^_^

29 04 2011
ririn katolik

bukan sebuah agama yang dapat menyelamatkan tetapi iman kepercayaannya akan Tuhan masing2,,,

jgn buat hal yg bisa membuat kita terpecah…

26 05 2011
dias

aku jg lg coba utk rutin berpuasa. Rubrik ini buatku lbh mengerti makna puasa sebenarnya. Semoga aku dimampukan dan lbh dekat lg dgnNYA. GBU

2 06 2011
herry pandiangan

Jika ada artikel mengenai kebangkitan rohani tolong diemail ke herrypandiang@yahoo.com. Artikelnya sudah cukup jelas banget.thks

29 07 2011
Lin

Tuhan Yesus itu menghendaki puasa yg penuh pertobatan, bukan puasa yg Agamawiah dan Rutinitas. Tuhan itu melihat hati manusia.
Dgn puasa di harapkan karakter kita menjadi lbh baik serupa dg Tuhan.
Puasa yg di hendaki Tuhan adalah seperti di Yesaya 58, silakan baca…
Itu yg Tuhan mau.

5 08 2011
Markus Yonathan

Amin…saya berDoa untuk smua saudara seiman,supaya Roh Kudus tetap tinggal dalam kehidupanya,Dan Tetap Bersama Dalam TUHAN YESUS, Juruselamat Kita.Amin…IMANUEL

5 08 2011
Shamoez CintaYeSUs krIStuS

thnkz bgt buat artikel nya..,semua nya jadi clear.
Gbu..

6 08 2011
nobert

Tuhan memberkati atas firmannya yang telah di beritakan .haleluya

11 08 2011
emerson

Saya yakin puasa dibarengi dengan doa mempunyai kuasa yang ajaib.

24 08 2011
Diego

Hy guys. Puasa g pernah mengubah hati Tuhan. Tetapi mengubah diri kita jd lebih baik Dan siap untuk menerima janji2 Tuhan. Puasa Kristen sebaik ny tdk didasari oleh keinginan2 kita. Tetapi fokus kita kpd Tuhan. Tuhan yang menyelidiki hati kita. And buat kalian pengikut kristus. Jgn pernah menyela Dan terbawa perkataan2 org2 dunia. Untk anak2 Tuhan jgn hny menyela/mncari perkara2 yg sia2,jgn hanya mngaku Kristen. Ttpi lakukanlah firman Tuhan Allah kita. Bca firman Tuhan Dan lakukanlah,beritaknlah kpd smua bangsa kabar gembira Dan ingatlah 2 Pet 1:2-3,1 Yoh 2:25,Mat 10:32-33,Mat 10:38-40,Mat 11:25-30,Mat 12:6-8,Mark 8:34b-36;38,Mark 10:29b-30

30 08 2011
yohanes

Bagi saudara Kristen jika mengalami masalah, berpuasa dan berdoalah kepada Tuhan Yesus. Karena berpuasa dan berdoa kepada Tuhan Yesus menjadi daya cipta yang luar biasa.

14 09 2011
roma ambarita

terimakasih untuk artikel ini, dengan ini saya jadi tahu bagaimana cara berpuasa yang benar. Gbu all

14 09 2011
khris geya

puji tuhan saya akan mulai berpuasa ,mohon dukungan dan kerjasamanya GBU

29 09 2011
rudy

apakah saya bisa sama seperti Yesus bisa melakukan mujizat jika saya berpuasa 40 hari 40 malam?

20 10 2011
Danil Sembirinq

shyallom….
saya mau menghadapi ujian kompetensi dokter indonesia, namun saya berpikir klo saya tidak akan berhasil klo tidak berserah pada Tuhan Yesus, selama ini saya belum pernah mlaksanakan puasa..
untk mewujudkan keinginan saya tuk lulus ujian trsebut saya ingin berpuasa..
tolong ajar/bimbing saya utk berpuasa…
krna saya percaya akan kuasa Tuhan Yesus melebihi segalanya….
Thanks…. GBUs

24 11 2011
sugiarto

Kekritenan sy akui bukan sebua agama,kekristenan adalah seorang yg menerima anugerah KASIH ALLAH.hati dan kehidupan sy diubah menjadi memiliki KASIH dlm pikiran dan perbuatan.Agama hanya membentuk seorang hanya menjalankan kewajiban semata,tetapisering terjadi hati dan perbuaTannya tidak berubah,sirik,dengki,dan menganggap diri dan agamanya paling benar dan kurang menghormati,bertoleransi terhadap iman kepercayaan orang lain.sy dulu seperti itu.tetapi skarang puji Tuhan sy diberi pengertian yg dlm ttg Yesus Tuhan yg hidup dan yg akan dtg turun kebumi kmbali menjadi imam mahdi.Tuhan yg kita sembah adalah Tuhan yg hidup di dlm Yesus Kristus.amin

5 12 2011
Roger Kennedy

Puji Tuhan, haleluya, terpujilah nama Yesus ditempat yang Maha Tinggi…. Terimakasih, merupakan berkat bagi kita semua terutama bagi saya, mengapa? karena saya sebelumnya masih ragu akan pengertian puasa dan bagaimana melaksanakannya, namun dengan adanya rubrik ini saya menjadi mengerti apa, dan bagaimana berpuasa.
oh ia saudara-saudariku, saya melihat ada comen dari kaum kedar, yaitu saudara tua kita, janganlah heran, mereka merupakan keturun abraham dari budaknya sarai yaitu hagar yang mempunyai anak ismail. Mereka diberkati juga(kej 16:10-12) dan pd ayat 12 dikatakan ” seorang laki2 yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap2 org dan tangan tiap2 org akan melawan dia, dan di tempat kediamnnya ia akan menentang semua saudaranya”. jadi kita gak usa heran namun tetap bersatu dan waspadah krn sudah tertulis dalam injil. amin, GBU..

12 12 2011
yulitha

terimakasih ….
tpi jaminan hidup kekal dan bahagia itu hanya lah di dalam YESUS KRISTUS.
dan saya juga sudah sangat byk mengalami mujizatNYa…

19 12 2011
Adriana br ginting

Setelah baca artikel ini, niat berpuasa semakin kuat..moga niat ini terlaksana..trimakasih..TUHAN memberkati..

23 12 2011
Daniel parmonangan gultom.

syalom…
trima kasih kepada saudara yang membuat artikel ini. sehingga sedikit banyaknya. saya tau arti puasa, tujuan berpuasa dan jenis2 puasa yg telah di laksanakan oleh nabi2 kita di masa lampau..
semoga pelayanan saudara makin di berkati TUHAN yesus kristus..{amin}

24 12 2011
lihanz

thanks atas artikelnya,….
sya maw nanya…
gmn untuk doanya?
apakah berbeda tiap jenis puasa?
harap maklum.. baru blajar…
gbu.

19 01 2012
castlesiahaan

Tuhan Yesus memberkati kita semua…. Tuhan sayang aku… Tuhan sayang kamu…Tuhan sayang kita… yang menyerahkan diri kepadaNya… Gb us

20 01 2012
sastiar

Terimakasih
Tuhan Yesus memberkati :)

1 02 2012
Echo Palangda Aze

terimah kasih ats infonya,, :)

aku berubah,,

23 06 2011
Tita

Puji Tuhan saya buka website ini… tdinya saya hanya mendengar dri org lain puasa org kristen itu bagaimana?….. puasa dengan cara hny minum saja. Iseng2 sy buka website ini dan sy sdh membacanya trima ksh krn ini sangat membantu buat saya Gbu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: